Beranda Metropolis

Rektor IPB Lantik Sebelas Pejabat Baru

BERBAGI
LANTIK: Rektor IPB Dr Arif Satria saat melantik para pejabat baru, kemarin (15/1).

BOGOR–Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria kembali melantik sebelas pejabat di lingkungan IPB. Mereka adalah Prof Dr Ir Ujang Sumarwan sebagai Dekan Fakultas Ekologi Manusia; Dr Baba Barus sebagai Ketua Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan, Fakultas Pertanian; Dr Afra Donatha Nimia Makalew menjadi Ketua Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian.

Selanjutnya, Dr Sugeng Hari Wisudo sebagai Ketua Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan; Dr Sri Suharti menjadi Ketua Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan; Dr Irma Isnafia Arief sebagai Ketua Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan; Dr Rahmat Hidayat sebagai Ketua Departemen Geofisika dan Meteorologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Lalu, Dr Syamsul Falah dilantik menjadi Ketua Departemen Biokimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; Dr Arya Hadi Dharmawan sebagai Ketua Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia; Dr Tin Herawati, Ketua Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia; dan Dr Sri Anna Marliyati sebagai Ketua Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia.

Rektor IPB Arif Satria mengatakan, jabatan yang diemban merupakan amanah yang harus ditunaikan untuk menyongsong “IPB Masa Depan”. “Agar IPB tetap menjadi institusi pendidikan yang membanggakan dengan berbagai kontribusi bagi kemajuan bangsa juga peradaban dunia,” ujarnya dalam pelantikan yang digelar di lobi Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, kemarin (11/1).

Menurut Arif, rencana jangka panjang IPB (RJP-IPB) 2019–2045 telah meneguhkan IPB menjadi Techno-Socio-Entrepreneurial University. Maka, kontribusi dan peran IPB di masa depan akan lebih dituntut dalam pemberdayaan dan pengayaan masyarakat/bangsa Indonesia.

Tentunya, kata dia, tetap fokus pada pendidikan unggul berkualitas untuk semua, penelitian unggul dan terdepan, serta mampu menjadi solusi permasalahan bangsa. “Kampus tidak cukup hanya dengan kecerdasan teknokratik, tetapi juga kecerdasan intelektual dan kepekaan hati yang tinggi,” ujarnya.

Arif menambahkan, ke depan IPB harus dapat memainkan peran-peran kekinian yang selalu berpegang teguh kepada visi dan misi IPB dengan langkah-langkah strategis dan konkret.

Kepada pejabat yang baru dilantik, rektor mengatakan agar bersungguh-sungguh melaksanakan tugas dan fungsi penyelenggaraan manajemen unit kerja, membina hubungan dan kerja sama yang baik antara sesama staf, atasan, bawahan, dan dengan mitra kerja.(ran/a)

Baca Juga