Beranda Pendidikan

SMAN 1 Tajurhalang Tanamkan Sunah Rasul

TAUSIYAH: Ustaz Hari Mukti bersama panitia, guru, dan kepala sekolah

BOGOR–Nabi Muhammad SAW merupakan sosok teladan bagi seluruh umat Islam, termasuk bagi para pelajar. Banyak karakter dari Nabi Muhammad SAW yang dapat dicontoh pelajar, seperti rajin, disiplin, berani, dan jujur.

Hal itu disampaikan Ustaz Hari Mukti dalam ceramahnya pada kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diseleng­garakan SMAN 1 Tajurhalang, Jumat (12/1).

Menurut Kepala SMAN 1 Tajurhalang Arif Setiawan, Ustaz Hari Mukti diundang untuk mengisi kegiatan pada hari itu karena isi ceramahnya tidak hanya menceri­takan tentang sejarah agama Islam maupun Nabi Muhammad SAW.

”Beliau juga menyampaikan tentang penanaman sunah-sunah rasul dalam kehidupan sehari-hari siswa maupun guru,” terang Arif.

Arif berharap, hal-hal yang disampaikan Ustaz Hari Mukti pada kegiatan hari itu mampu diterapkan siswa maupun guru di SMAN 1 Tajurhalang. ”Karena apa yang disampaikan Ustaz Hari Mukti tadi sejalan dengan Kuri­kulum 2013 yang menekan­kan pada penanaman dan pe­nguatan karakter siswa,” jelasnya.

Ia bercerita, kegiatan pada hari itu dapat terlaksana dengan tertib hingga akhir tidak lepas dari kerjasama siswa SMAN 1 Tajurhalang yang menjadi anggota rohis dan OSIS.

Kepala Sekolah Arif Setiawan menyerahkan plakat pada Ustaz Hari Mukti

”Soal biaya, sekolah juga memberikan dana untuk kegiatan ini, tapi mereka inisiatif dan kreatif mengum­pulkan dana. Kami pihak sekolah selalu mendukung setiap kegiatan rohis maupun OSIS ini, dan pastinya kegiatan positif lainnya yang diusung siswa,” beber Arif.

Menurut Ketua panitia kegiatan, Gustaf Haiqal, kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara OSIS dan rohis yang dilakukan rutin setiap tahun dengan tema berbeda. ”Kali ini kami mengangkat tema Mem­bangkitkan Sunah-sunah Rasu­lullah pada Generasi Milenial,” terang Gustaf.

Persiapan acara selama tiga bulan. “Awalnya merasa beban, tapi setelah dijalani, enjoy, dan justru saya mendapatkan pengalaman berharga, terutama dalam mengatur teman-teman agar tetap kompak,” tukasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri pula tamu-tamu undangan Muspika Tajurhalang, anggota MUI Kecamatan Tajurhalang, serta komite sekolah. Selain ceramah, kegiatan juga menampilkan hadro dan rawi, tari saman, dan solo vokal dari siswa.(cr1/c)

Baca Juga