Beranda Berita Utama

Perbaiki Akses Menuju Lokasi

ARIFAL/RADAR BOGOR
MENANTANG ADRENALIN: Jembatan gantung merupakan salah satu lokasi yang dilintasi pesepeda di Desa Karehkel, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

LEUWILIANG–Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor saat ini menjadi destinasi wisata. Banyak desa yang mengem­­­bangkan wisata alam. Camat Leuwiliang Chairuka Judhyanto mengatakan, ada tiga lokasi wisata yang sangat diunggulkan di wilayahnya.

Selain Panorama Pabangbon di Desa Pabangbon, juga ada Bakukung di Desa Purasari dan Panorama Bukit Bintang di Desa Cibebeur. Saat ini, wisata Pano­rama Pabangbon paling diminati, karena memiliki potensi wisata yang dapat memanjakan mata para wisatawan.

“Di sekitar Pabangbon terdapat situs Gunung Menteng, kemu­dian Curug Cilame serta cam­ping ground. Wisatawan bisa memanfaatkan objek alam untuk selfie,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (14/1).

Saat ini, kata Chairuka, peme­rintah daerah fokus pada pelebaran jalur di ketiga destinasi wisata tersebut. Sebab, kata dia, akses wilayah tersebut sangat sulit dijangkau kendaraan-kendaraan berka­pasitas besar.

“Sekarang ini hanya motor dan mobil kecil yang bisa masuk. Bus pariwisata tidak bisa. Ini yang jadi target kami. Bus besar dengan kapasitas wisatawan yang lebih banyak bisa sampai ke lokasi,” jelasnya.

Selain pelebaran jalur, Chairuka menambahkan, saat ini pihaknya menargetkan dari ketiga objek wisata tersebut bisa memberikan peningkatan terhadap pereko­nomian warga sekitar.

Menurutnya, dari objek-objek wisata tersebut dapat dimanfaat­kan untuk masyarakat mencari penghasilan. “Warga berprofesi sebagai pedagang dari hasil bumi, penyedia wahana maupun spot untuk foto dan sebagainya. Ini secara umum bisa menjadi pemasukan bagi warga sekitar,“ katanya.(cr2/c)

Baca Juga