25 radar bogor

Soal Palsu Beredar di Google Drive

JAKARTA-Informasi palsu (hoax) terkait CPNS seperti tidak ada habisnya. Sebelumnya beredar surat bodong penetapan honorer menjadi CPNS. Kali ini beredar soal palsu tes CPNS baru.

Soal palsu tersebut beredar kemarin (13/1) melalui pesan singkat WhatsApp (WA). Butir soal ujian dalam bentuk file PDF dan disimpan di Google Drive. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan memastikan soal itu palsu. Di antara indikasinya tahunnya masih terulis 2015 dan ada keterangan Kemendiknas. Padahal sudah lama Kemendiknas diubah jadi Kemendikbud.

Ridwan menuturkan BKN begitu menjaga kerahasiaan soal ujian. Diantaranya soal ujian dienkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Kemudian soal yang sudah dienkripsi itu diinjeksi ke sistem CAT (computer asissted test) BKN. ”Disaksikan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), tim QA BPPT, serta kementerian lembaga anggota Panselnas CPNS lainnya,” katanya, kemarin (13/1).

Dia menegaskan pengamanan soal ujian CPNS baru dijaga dan diawasi secara berlapis. Kemudian server BKN untuk menyimpan naskah ujian itu tidak tersambung ke internet. Sehingga kecil kemungkinan untuk diretas oleh orang lain.

Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan masyarakat harus mewaspadai dan tidak mudah percaya kabar-kabar terkait tes CPNS baru.

Dia meminta masyarakat untuk update informasi resmi di website Kementerian PAN-RB atau BKN. ”Kami pastikan informasi soal ujian CPNS baru itu hoax alias palsu,” tuturnya.

Supaya terlihat valid dan mengecoh publik, informasi hoax itu diawali pernyataan-pernyataan Herman terkait rencana rekrutmen CPNS baru 2018. Sehingga seolah-oleh pada Februari 2018 bakal dibuka rekrutmen CPNS baru. Padahal dia menegaskan sampai saat ini belum ada kepastian jadwal CPNS baru 2018.(wan)