Beranda Berita Utama

Terakhir, Tes HIV dan Napza

BERBAGI

BOGOR-Seluruh pasangan calon kepala daerah kota dan kabupaten Bogor hari ini kembali menjalani serangkaian tes di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta. Mereka akan dites narkoba dan zat adiktif (Napza) serta HIV dengan delapan proses pemeriksaan.

”Mulai dari sampel darah, peme­riksaan USG, pemeriksaan urine, tes MMPI, pemeriksaan radiologi, sampai wawancara kesehatan jiwa. Sembilan jam lah, kurang lebih,’’ ujar Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Bogor Bambang Wahyu kepada Radar Bogor.

Bambang mengatakan, dalam pemeriksaan itu tak kurang dari 20 dokter spesialis bekerja sesuai dengan tugas masing-masing. Pemeriksaan bebas narkotika dan HIV merupakan proses pemeriksaan terakhir yang akan dijalani masing-masing pasangan calon hari ini.

”Jadi, besok (malam ini, red) paslon sudah bisa kembali ke Bogor,’’ ujarnya. Sedangkan untuk hasil pemeriksaan akan di­umumkan Senin (15/1) oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Salah seorang bakal calon bupati Bogor Ade Ruhandi, yang dihubungi melalui aplikasi WhatsApp, mengatakan dirinya sudah melalui serangkaian tes termasuk psikotes dan psikiatri hingga wawancara.

”Alhamdulillah tidak terlalu lama menunggu antrean, hanya kota dan kabupaten Bogor. Sedangkan ada beberapa daerah lain yang cukup menunggu lama,’’ ujar dia.

Ade mengapresiasi panitia yang terlibat, termasuk KPU yang memfasilitasi semua pasangan calon dengan baik dan profesional. ”Sama-sama saja, dulu tes saat menjadi caleg, seperti ini. Hanya kalau dulu di RS Marzuki Mahdi, sekarang di RS tipe A,’’ tuturnya.(ded/c)

Komentar Anda

Baca Juga