Beranda Politik

Lebih Dekat dengan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum

KOMPAK: Calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama calon wakil gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Sepak terjang Uu Ruzhanul Ulum di politik dimulai saat usianya baru menginjak 18 tahun. Saat itu, ia bertugas sebagai pengurus ranting PAC Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Setahap demi setahap, ia meniti karier hingga kini mampu menjadi bupati Tasikmalaya dan menjadi calon wakil gubernur Jawa Barat mendam­pingi Ridwan Kamil.

Uu lahir di Tasikmalaya, 10 Mei 1969. Pria yang akrab disapa Kang Uu itu, menghabiskan masa sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi di kota kelahirannya.

Selain sekolah umum, Uu juga mengenyam pendidikan di pesantren. Belajar di Ponpes Bantar Gedang, Ponpes Miftahul Huda Ustmaniyah, Ponpes Baitul Hikmah Haurkoneng Salopa, dan Ponpes Miftahul Huda Manonjaya, bahkan pernah dilakoninya.

Hanya selang tiga tahun setelah lulus kuliah di Universitas Siliwangi, Uu sudah bisa duduk di kursi DPRD Tasikmalaya. Bahkan, pada periode berikut­nya, yakni 2004-2009, ia mengemban tugas sebagai ketua DPRD Tasikmalaya. Kariernya di politik terus menanjak.

Kang Uu terpilih sebagai bupati Tasikmalaya pada 2011. Hal cukup unik terjadi saat periode kedua kepemimpinan Uu pada 2016. Saat itu, pasangan UU Ruzhanul Ulum-Ade Sugianto merupakan calon tunggal di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya. Mereka pun terpilih kembali dengan mekanisme pemungutan suara setuju atau tidak setuju.

Sejak menjabat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum tercatat sudah mengantongi 32 penghargaan dari berbagai bidang. Tahun 2012, Uu dianugerahi penghargaan atas komitmen dan dukungannya dalam penyelengaraan pelayanan penerapan e-KTP. Bersamaan dengan itu, Kabupaten Tasikmalaya berhasil mencapai target perekaman e-KTP lebih cepat dari batas waktu yang ditetapkan.

Di bidang pertanian, Uu mendapat penghargaan dari menteri pertanian atas peran aktifnya dalam peningkatan pembangunan di bidang pertanian serta peningkatan produksi gabah pada 2014.

Di tingkat nasional, Uu juga menerima Satyalancana Pembangunan dari presiden RI karena dianggap berjasa bagi negara dalam bidang pertanian.

Dalam beberapa kesempatan, Uu bahkan kerap menyampaikan keinginannya untuk menjadi pemimpin Provinsi Jawa Barat. Menurut dia, menjadi anggota DPRD dan bupati sudah dilakoni.

Namun, jika menjadi gubernur, akan lebih banyak orang yang dapat memanfaatkan hidupnya. Pada Pilgub Jabar 2018, Uu mendampingi Ridwan Kamil untuk memperebutkan kursi gubernur dan wakil gubernur Jabar.(*)

Baca Juga