Beranda Female

Tiara Kusuma Kota Bogor, Ajak yang Muda menabung

BERBAGI

Ahli kecantikan dan pengusaha salon yang semakin menjamur, membuat pentingnya sebuah wadah untuk menjaga kekompakan dan mengantisipasi adanya kesenjangan antarprofesi. Selain saling bersinergi, dari organisasi yang dibentuk ini pun dapat meningkatkan profesionalisme para anggota.

UNTUK mengantisipasi persaingan tenaga kerja serta membantu para anggota meningkatkan kualitas profesionalisme di bidang tata kecantikan, dibentuklah Tiara Kusuma pada 16 Januari 1980 dan Tiara Kusma DPC Kota Bogor pada tahun yang sama.

Sebelum Tiara Kusuma, terdapat dua organisasi kecantikan di Indonesia, yaitu Tiara Rikma yang merupakan Persatuan Ahli Penata Rambut, lalu Wijaya Kusuma yaitu Persatuan Ahli Kecantikan Kulit. Tiara Kusuma berasal dari kedua organisasi, yakni Tiara Rikma dan Wijaya Kusuma.

Tiara Kusuma merupakan Persatuan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indonesia sekaligus wadah dari para ahli kecantikan dan pengusaha salon Indonesia. Mereka juga mitra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada 2018, Tiara Kusuma ingin meregenerasi dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Salah satu targetnya, merekrut semua pengusaha salon dan barber shop.

“Di tahun ini, kami ingin lebih banyak merekrut anak muda. Jika dulu kebanyakan anggotanya ibu-ibu, saat ini sudah berubah. Anggota yang berusia muda juga sudah banyak bergabung,” tutur Seksi Pendidikan Tiara Kusuma DPC Kota Bogor, Nining Nataadiningrat.

Tujuan Tiara Kusuma adalah mempersatukan para ahli kecantikan dan pengusaha salon agar tidak terpecah, bersatu dalam satu wadah untuk meningkatkan kualitas profesionalisme di bidang kecantikan.

Kemudian, membantu para pengusaha salon dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan para anggota dengan menyeleng­garakan seminar atau pelatihan. “Kami sering berbagi ilmu mengenai tren terbaru atau teknik-teknik tertentu, jadi, bisa meningkatkan pelayanan kepada pelanggan,” tuturnya.

Selain itu, Tiara Kusuma juga menyelenggarakan workshop peningkatan kinerja organisasi, memberikan motivasi kepada anggota untuk menulis dan mengisi artikel tentang kecantikan.

Tiara Kusuma sudah memiliki lebih dari 40 anggota. Tertarik jadi anggota? Bisa langsung mendaftarkan diri ke sekretariat Jalan Perintis Kemerdekaan Bogor.
“Awalnya memang tidak mudah mendapatkan anggota.

Tetapi karena orang sudah tahu bahwa di Tiara Kusuma ini bisa mendapatkan banyak manfaat, jadi sudah banyak yang mulai bergabung,” ujarnya.

Pertemuan dilakukan sebulan sekali, dengan menerapkan pola komunikasi secara kekeluargaan dan saling berbagi ilmu. Tiara Kusuma mengadakan uang kas setiap sebulan sekali sebesar Rp25.000. Pergantian kepengurusan setiap empat tahun sekali secara musyawarah.

Tiara Kusuma memiliki visi menghimpun potensi para ahli kecantikan dan pengusaha salon dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang tata kecantikan kulit dan rambut.

Misinya, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan seminar dan lokakarya tata kecantikan kulit dan rambut, baik di dalam maupun di luar negeri. Serta meningkatkan kreativitas dengan ikut lomba tata rias wajah dan rambut tingkat nasional, ASEAN, Asia Pasifik dan world skill maupun internasional (CIDESCO, MCD, CIBTAC, ICD).

Misi lainnya, mendorong peserta didik untuk mengikuti uji kompetensi melalui LSK, menggali dan melestarikan serta membakukan sanggul-sanggul daerah, juga meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui berbagai perlombaan.(rp3/c)

Komentar Anda