Beranda Olahraga All Sport

Maksimal 36 Pemain

BERBAGI
FOKUS: Para pemain PSIS Semarang berlatih sebelum terjun ke Piala Presiden (dok. Jawapos)

JAKARTA–Klub peserta turnamen Piala Presiden 2018 hanya boleh mendaftarkan maksimal 36 pemain. Berdasar penjelasan organizing commitee (OC), dari jumlah itu, 7 orang di antaranya merupakan pemain di bawah usia 23 tahun.

Minimal, klub peserta diperbolehkan mendaftarkan 18 pemain saja. Adapun untuk pemain asing, klub berhak memasukkan empat pemain. Komposisinya yakni tiga pemain asing plus satu slot Asia.

“Secara umum memang belum siginifikan perubahan, hanya jumlah pemainnya yang berbeda,” sebut Tigorshalom Boboy, anggota OC Piala Presiden.

Khusus pemain asing, mereka juga diwajibkan untuk melengkapi dokumen lainnya. Antara lain, IMTA (Izin Menggunakan tenaga Kerja Asing) dan KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara). Entry by name sudah dimulai hari ini hingga sehari jelang kick off Piala Presiden (16/1).

Untuk kebijakan tersebut, sejumlah klub terus menyiapkan formulasi terbaik.

PSIS Semarang, misalnya, klub yang berjuluk Mahesa Jenar itu dalam dua pekan terakhir silih berganti kedatangan pemain asing.

Subangkit, pelatih PSIS menjelaskan, kebutuhan timnya menggunakan Piala Presiden sebagai ajang berburu pemain asing.

“Lagi pula masih ada waktu buat kami untuk memaksimalkan bujet yang ada,” ujarnya.

Dalam perkembangan yang sama, PSIS mampu unggul tipis 1-0 saat beruji coba dengan Bali United di Stadion Wayan Dipta, Gianyar.

Sementara itu, rencana opening ceremony Piala Presiden di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) terancam. Ini setelah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beharap tidak ada kegiatan di lima stadion yang kini tengah direnovasi untuk kebutuhan Asian Games 2018.(nap)

Komentar Anda

Baca Juga