Beranda Politik

Bamsoet Calon Kuat Ketua DPR

BERBAGI
Bambang Soesatyo

JAKARTA–Sosok Bambang Soesatyo mencuat meninggalkan nama-nama lain menjadi pengganti Setya Novanto sebagai ketua DPR. Sangat mungkin Ketua Umum Partai Golkar Air­langga Hartarto akan men­can­tumkan nama Bamsoet –sapaan akrab Bambang– dalam surat keputusan (SK) DPP Partai Golkar terkait posisi ketua DPR.

Pernyataan itu diungkapkan Ketua DPP Partai Golkar Zainudin Amali di gedung parlemen, Jakarta, kemarin (11/1). Amali menyatakan, Airlangga selaku ketum saat ini sudah menetapkan satu nama calon ketua DPR. Sosok tersebut ternyata tidak jauh dari nama-nama calon ketua DPR yang muncul selama ini. ’’Yang paling berpeluang adalah Pak Bambang Soesatyo,’’ kata Amali.

Ketua Komisi II DPR itu menyatakan, Bamsoet memiliki peluang paling besar. Namun, Amali menyatakan tidak ingin mendahului kepu­tusan partai dengan me­nyebut ketua Komisi III DPR itu sudah pasti menjadi calon ketua DPR. ”Nanti tunggu pengumuman resminya. Tapi, saya memperkirakan saat ini sudah (diputuskan, red),’’ ujar pria asal dapil Madura itu.

Amali menambahkan, SK terkait penetapan ketua DPR yang baru tidak lama lagi disampaikan. Dia menyatakan bahwa pekan depan DPP Partai Golkar melalui fraksi menyam­paikan surat tersebut kepada pimpinan DPR.

Airlangga kemarin tampak hadir dalam rapat pleno Fraksi Partai Golkar. Dalam rapat perdana 2018 itu, Airlangga menyampaikan pesan-pesan kepada para anggota fraksi dalam menghadapi tahun politik. Setelah rapat pleno, Airlangga juga menyampaikan hal terkait sosok ketua DPR. Namun, dia tidak secara perinci menyebut nama. ’’Tunggu waktunya. Sudah dikantongi. Kertasnya ada di kantong,’’ kata Airlangga sambil melakukan gestur mengambil sesuatu dari kantong bajunya.

Menurut Airlangga, semua calon yang disebut selama ini berpotensi menjadi ketua DPR. Namun, dia ingin tetap mera­hasiakan nama tersebut. Meski begitu, Airlangga tidak mem­bantah bahwa surat terkait nama calon ketua DPR bakal disam­paikan ke pimpinan DPR minggu depan. (bay/c4/fat)

Komentar Anda