Beranda Bogor Raya

Ajarkan Demokrasi sejak Dini

BERBAGI
Ismiatunnisa/Radar Bogor
PEMILU ALA SEKOLAH: Siswa SMPN 3 Ciawi memasukkan kertas pencoblosan ke dalam kotak suara dalam pemilihan ketua OSIS di lapangan sekolah, kemarin.

CIAWI–Pengembangan nilai demokrasi kepada anak-anak, termasuk salah satu peran sekolah. Tujuannya, menanam­kan serta mengajarkan cinta tanah air dan bangsa.
Sadar akan hal itu, SMPN 3 Ciawi memberikan pemaha­man kepada siswanya menge­nai demokrasi. Salah satunya dengan me­ngadakan pemili­han ketua OSIS layaknya tahapan pemilu.

Seluruh warga SMPN 3 Ciawi memadati lapangan sekolah untuk memilih ketua OSIS yang baru. Pembina OSIS, Dedy Adhari bertugas sebagai ketua KPU dan pengurus periode sebelumnya didapuk sebagai petugas KPPS.

Menurut Kepala SMPN 3 Ciawi, Lilik Suhartini, seleksi calon ketua OSIS dilakukan mulai dari seleksi berkas hingga kemampuan sehari-hari dan keterliba­tan mereka dalam kegiatan di sekolah. Termasuk di antara­nya rutin membiasakan salat Duha dan membaca Alquran.

“Pendaftaran terbuka untuk seluruh siswa SMPN 3 Ciawi kelas VII dan VIII. Dari sepuluh siswa yang mendaftar, terpilihlah empat orang sebagai calon ketua. Mereka berkampanye selama seminggu. Hari ini (kemarin, red) adalah puncaknya, saatnya pencoblosan,” terangnya kepada Radar Bogor.

Selanjutnya, pada hari itu juga perhitungan suara dil­akukan di hadapan calon ketua osis serta warga sekolah lain­nya yang sudah mencoblos, yang berakhir pada 14.00 WIB dengan pengumuman ketua OSIS periode 2018.

“Tujuan dari semua kegiatan ini adalah untuk melatih siswa berdemokrasi. Sekaligus pembe­lajaran untuk praktik materi yang ada di mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan,” beber Lilik.

Setelah dilakukan penghitungan kertas suara, pasangan M Mugni Arbi Asiary-M Rafli terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS SMPN 3 Ciawi periode 2018.(cr1/c)

Komentar Anda