Beranda Pendidikan

Workshop Tingkatkan Wawasan Guru RA

PROFESIONAL: Para kepala RA peserta workshop di kantor Kemenag.

BOGOR–Ikatan Guru Raud­hatul Athfal (IGRA) Kota Bogor menggelar workshop untuk me­ningkatkan kapasitas, integ­ritas, maupun wawasan guru-guru RA Kota Bogor.

Berkat kerja sama antara Kantor Kemen­­terian Agama Kota Bogor dengan Program Pascasarjana Universitas Pakuan, kegiatan kemarin (9/1) terselenggara di aula gedung Kementerian Agama Kota Bogor.

Peserta adalah seluruh kepala RA yang ada di Kota Bogor karena sangat erat kaitannya dengan tema workshop, yaitu ‘Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dan Moni­toring Evaluasi, dan Pengen­dalian Kerja’.

Menurut ketua pelak­sana, Ucu Haryatin, de­ngan adanya kerja sama dan sinergitas yang direalisasikan pada kegiatan workshop terse­but, dapat meningkatkan mutu kualitas RA dan kerja sama yang berkelanjutan.

Hal yang sama juga dituturkan Kepala Bagian Tata Usaha Kemen­terian Agama Kota Bogor, Dede Supriyatna yang hadir mewa­kili Kepala Kantor Kemen­terian Agama Kota Bogor, Ansurulah.

Menurutnya, Keme­nag Kota Bogor sangat menyam­but baik inisiasi yang diusung seksi madrasah, IGRA, dengan Universitas Pakuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di jenjang RA.

”Mudah-mudahan meng­hasilkan manfaat yang baik untuk memperkuat pengayaan sebagai abdi untuk mereali­sasikan tujuan negara, yaitu men­cer­daskan kehidupan bangsa,” terang Dede.

Ia menambahkan, untuk menjadikan seorang anak cerdas butuh proses dan salah satunya di tangan guru-guru RA-lah masa depan anak-anak tersebut ditentukan. “Dan umur emas pada anak itu adanya di usia dini, ketika mereka berada di RA.

Sehingga sangat menentukan perilaku mereka untuk jenjang selanjutnya, yaitu SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi,” beber Dede.

Ia berharap kerja sama ini terus berlanjut. ”Intinya, ada ke­mauan dari kita semua untuk me­ningkatkan kapasitas mau­pun integritas para guru untuk mencapai tujuan yang tadi saya sebutkan,” tuturnya.

Selanjutnya, secara simbolis Dede membuka kegiatan pada hari itu dengan mengucapkan basmalah. Perwakilan Direktur Pascarsarajana Universitas Pakuan, Hidayat pun mengaku sangat senang karena dapat bekerja sama dengan IGRA dan Kemenag Kota Bogor untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Terlebih lagi, banyak kepala RA yang hadir dan sangat antusias mengikuti setiap materi yang dipaparkan salah seorang dosen manajemen pendidikan Pascasarjana Universitas Pakuan, Widodo Sunaryo. Ia meru­pakan seseorang yang ahli di bidang kepemimpinan.

Terle­bih dalam perjalanan hidupnya, telah banyak perusahaan yang ia pimpin, seperti menjadi direktur utama Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut ia realisasikan juga di bidang pendidikan yang disampaikan dalam pema­parannya.(cr1/c)

Baca Juga