Beranda Politik

Rindu Jalan Kaki, 2 DM Naik Kuda

KOMPAK: Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) berjalan kaki menuju kantor KPU (foto kiri). Sementara, pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi datang dengan baju putih hingga naik kuda putih, kemarin.

BANDUNG-Bakal pasangan calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan calon wakil gubernur Uu Ruz­hanul Ulum resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat di Jalan Garut, Bandung, Selasa (9/1).

Bersama massa, baik kader partai koalisi maupun relawan pendukung, Ridwan Kamil-Ruzhanul Ulum (Rindu) berjalan kaki dari Stadion Persib Sidolig, Jalan Jenderal Ahmad Yani, menuju KPU Jabar.

Mereka tiba di kantor KPU Jabar sekitar pukul 10.00 WIB dan langsung menuju ruang pendaftaran. Ridwan Kamil mengenakan kemeja putih dan jas putih tulang, sedangkan Uu berbaju koko putih dengan serban hijau. ”Berkas sudah lengkap dan tadi saya dikasih surat untuk peme­riksaan kesehatan, Kamis (11/1) jam 07.00 di RS Hasan Sadikin Bandung,” ujar Ridwan Kamil usai mendaftar, Selasa (9/1).

Wali Kota Bandung itu pun tidak lupa mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada kader dan masyarakat yang telah mendukungnya maju di Pilgub Jabar bersama Uu. ”Saya ucapkan terima kasih kepada empat partai koalisi, insya Allah kita akan terus bekerja keras” tutupnya.

Ketua DPD NasDem Saan Mustofa yang turut mengawal pendaftaran pun mengatakan hal senada. Saat ini pihaknya bahkan tengah menyiap­kan strategi guna pemenangan Rindu.

”Strateginya mempertahankan dan meningkatkan elektabilitas, dan terus melakukan konsolidasi internal partai koalisi,” tuturnya.

Sebelum jalan kaki menuju kantor KPU Jabar, relawan, kader, dan pendukung Rindu sempat melakukan sejumlah rangkaian kegiatan di Stadion Persib Sidolig Bandung. Mereka salat Hajat di depan stadion. Turut hadir pula keluarga besar dari kedua pasangan calon, yakni istri dan ibu dari Emil dan Uu.

Sementara itu, pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2 DM) resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pilgub Jabar 2018 ke KPU Jabar di Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa (9/1) siang.

Pasangan tersebut datang ke KPU Jabar sekitar pukul 14.30 WIB dengan diantar ribuan pendukung. Uniknya, pasangan yang dikenal dengan istilah 2DM ini datang dengan serbaputih. Mulai dari baju putih, sampai kuda yang dikendarai keduanya dari Stadion Sidolig, Kota Bandung.

Saat mendekati kantor KPU Jabar, 2 DM turun dari tunggangannya dan berjalan kaki. Selain itu, tampak juga para ketua DPD parpol pendukung. Seperti dari Partai Golkar dan Demokrat.

Di kantor KPU Jabar, 2 DM mendapat sambutan serupa dengan yang didapat pasangan Ridwan-Uu, yakni dengan upacara adat Sunda. Hingga saat ini pun, proses pendaftaran Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi masih berlangsung.

Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq menyatakan, berkas formulir pendaftaran pasangan yang diusung NasDem, PKB, dan PPP itu telah lengkap meski ada sejumlah berkas lainnya yang masih berproses. ”Syarat calon gubernur-wagubnya, tadi juga ada yang masih proses dan itu diperbolehkan,” katanya di KPU Jabar.

Endun mengatakan, berkas yang belum lengkap dan belum disertakan, misalnya surat keterangan pailit dari pengadilan niaga.

”Juga pernyataan pengunduran dirinya itu kan belum, kemudian yang disyaratkan waktunya juga berbeda. Tapi yang jelas surat penyataan sudah aman,” terangnya.

Selain itu, ada juga SKCK Uu yang belum dilengkapi serta surat ketera­ngan dari Kantor Pajak. ”Dari Polres Tasikmalaya sudah ada. Dari Polda yang belum. Tapi sudah ada surat keterangannya sedang proses,” jelasnya.

Endun menambahkan, selanjutnya pihaknya akan meneliti lebih dulu surat kelengkapan dan formulir pendaftaran pasangan Ridwan-Uu tersebut.

”Kami akan uji keabsahannya. Tadi saya lihat ijazah yang belum dilegalisir. Tapi sesuai ketentuan itu boleh didaftarkan dulu. Nanti kami, KPU Jabar, akan meneliti selama tujuh hari untuk keabsahan dan kelengk­apannya,” tukasnya.(jp/ps)

Baca Juga