Beranda Berita Utama

Joshua Suherman Dilaporkan Menista Agama

BERBAGI
Joshua Suherman

JAKARTA–Pernyataan yang menyinggung suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) masih kerap terjadi. Kemarin (9/1) Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) melaporkan Joshua Suherman karena dugaan penistaan agama. Mantan penyanyi cilik itu diduga menista Islam dalam stand up comedy-nya.

Dalam surat laporan nomor LP/30/I/2018/Bareskrim tertanggal 9 Januari 2018 diketahui terdapat sebuah video yang memuat Joshua sedang stand up comedy. Dalam video itu diketahui Joshua membandingkan antara dua anggota Cherrybelle. Satu anggotanya lebih terkenal karena agama mayoritas.

Ketua FUIB Rahmat Himran menuturkan, perkataan Joshua yang diduga menista agama itu yang membandingkan dua anggota Cherrybelle. Salah satunya lebih terkenal karena beragama Islam. Lalu, Joshua menganjurkan seorang anggota yang dianggapnya kurang terkenal untuk masuk Islam. ”Di akhir lawakannya itu Joshua menyebut sesuatu yang tidak dapat dikalahkan di negara ini yaitu mayoritas,” tuturnya.

Pernyataan tersebut membuat umat Islam geram. FUIB mendapatkan banyak usulan agar melapor. ”Karena itu atas nama FUIB kami melaporkannya,” paparnya ditemui di Bareskrim kemarin.

Sementara itu, kuasa hukum FUIB Dedi Suhardadi menuturkan, ada beberapa komika yang lawakannya cenderung menista agama. Selain Joshua, ada juga Ge Pamungkas yang juga diduga melakukan hal yang sama. ”Ini sangat disayangkan,” terangnya. Menurutnya, kondisi ini terjadi karena komika tidak peka terhadap situasi. Seharusnya, agama tidak dijadikan bahan lawakan. ”Masih banyak bahan lawakan lain yang bisa digunakan untuk stand up comedy. Mengapa harus agama yang suci ini,” jelasnya.(idr)

 

Komentar Anda

Baca Juga