Beranda Female

Hindari Gadget, Selalu Temani Anak

BERBAGI
dr. Adilla Hikma Zakiati
Dokter Spesialis Tumbuh Kembang

Salah satu faktor yang dapat memengaruhi tumbuh kembang anak adalah orang tua. Menurut spesialis tumbuh kembang dr. Adilla Hikma Zakiati , orang tua yang memfasilitasi anak seperti memberikan baby walker, anak lebih sering digendong.

Biasanya orang tua juga ingin anak cepat berjalan sehingga anak dituntut berjalan, padahal anak belum terkontrol. Selain itu kebanyakan orang tua lebih senang bermain gadget dibandingkan bermain dengan anaknya.

”Ketika anak sedang aktif orang tua harus berperan mendampingi. Jauhkan gadget terlebih dahulu dan perhatikan anak,” tutur dr Adilla Hikma Zakiati, SpKFR.
Selain itu, penyakit ibu saat mengandung seperti toxo, rubella, CMV, dan herpes (TORCH) juga bisa memengaruhi tumbuh kembang anak dan perkembangan otak.

Kemudian, ibu yang mengalami stres pada kehamilan dapat membuat anak lebih sensitif, oversensitif atau under sensitif. ”Tapi tidak semua seperti itu, tergantung. Jika saat mengandung ada gangguan pada otak, bisa membuat anak tidak merangkak,” tuturnya.

Dokter Adilla setuju bahwa anak tidak perlu diberikan sarung tangan dan sarung kaki, karena anak mengenal dari perabaan. Anak itu harus mengenal ujung jarinya, sisi kiri dan kanan ujung jari. ”Kalau misalkan diberikan sarung tangan maka anak tidak bisa mengenali tangannya, sedangkan anak nanti akan belajar menggengam, memegang pensil, dan lain-lain,” tuturnya.

Begitu pula dengan kaki, karena nanti anak akan belajar tekanan di lantai, ketika anak dipakaikan sarung kaki, maka anak tidak mengenai ujung kakinya. ”Jika anak dipakaikan sarung tangan dan sarung kaki, itu akan membuat anak tidak sadar dan perhatian dengan tubuhnya sendiri. ” tuturnya.

Begitu pula dengan dibedong, dapat berpengaruh pada kemampuan ototnya karena melawan kemampuan fisiologis. ”Boleh dibedong untuk mencegah kondisi anak kaget jika mendegar suara agar anak tidak bangun, tetapi jangan dibedong terlalu ketat,” tegasnya.

Selain itu, bermain dengan anak juga merupakan poin penting pada tumbuh kembang anak. Semakin sederhana permainannya, maka anak semakin bisa bereksplorasi. ”Pilih mainan yang tepat buat anak. Tetapi semakin sederhana semakin bisa membuat anak berkembang,” tuturnya.(rp3/c)

Komentar Anda

Baca Juga