Beranda Pendidikan

SMK Wikrama Rilis Hasil Revitalisasi

BOGOR-Kebanggaan bagi SMK Wikrama Bogor kala Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto hadir menjadi pembina pada upacara bendera, belum lama ini. Dalam amanatnya, Bima menyam­paikan harapan agar warga Bogor mampu menjadi warga mega­politan yang menghormati keari­fan lokal, mampu berpikir global, dan beradaptasi secara inter­nasional.

Ia juga menyampaikan peng­hargaan atas pelaksanaan upacara yang berlangsung sangat tertib, membanggakan dan bisa menjadi contoh untuk sekolah di Bogor dan di luar Bogor.

”Saya sangat gembira dengan partisipasi dan kesiapan SMK Wikrama mendukung Kota Cerdas. Salah satu bentuknya adalah adanya keterkaitan satu kegiatan bisnis dengan kegiatan bisnis lainnya,” ujar Bima.

Kepala SMK Wikrama Bogor Iin Mulyani menjelaskan, di sela upacara tersebut juga dilaksanakan peluncuran hasil Revitalisasi SMK Wikrama Bogor 2017, penyerahan akses paket belajar online (Kejar.id) untuk dimanfaatkan pelajar SLTP se-Kota Bogor, dilanjutkan dengan campus tour, sarasehan “Peran Industri bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Vokasional”, serta penandatanganan MoU SMK Wikrama Bogor dengan dunia usaha dan industri.

Menurut Iin, program revital­isasi tersebut merupakan pelaksanaan dari semangat Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo yang dituangkan dalam Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.

Iin menyebutkan, lingkup revitalisasi SMK Wikrama Bogor meliputi enam aspek. ”Di antara­nya pengembangan dan penyelarasan kurikulum, stan­dar­disasi sarana dan prasa­rana, peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, inovasi pembelajaran, kerja sama dengan dunia usaha dunia industri/DUDI, serta penge­lolaan dan penataan kelem­bagaan,” sebutnya.

Dalam mewujudkan inovasi pembelajaran dan peningkatan daya/minat baca peserta didik, Iin menjelaskan, SMK Wikrama Bogor senantiasa mengem­bangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) berbasis IT, menyediakan waktu tatap muka dan kurikulum khusus kegiatan literasi, penyediaan akses buku/sumber-belajar yang lebih dekat dengan siswa, penataan ulang perpusta­kaan sekolah, penye­diaan pojok baca di dalam kelas, dan pemanfaatan IT dalam mem­bantu siswa untuk belajar membaca cepat.

Untuk menciptakan suasana industri, PT Immobi Solusi Prima sebagai mitra SMK Wikrama Bogor, secara khusus telah mem-branding ruang teaching factory dengan jargon-jargon etos kerja.

Kegiatan ini melengkapi berbagai kegiatan seperti program guru tamu, praktik kerja lapang, program guru magang, dan resource sharing lainnya.

Salah satu mitra SMK Wikrama Bogor, yaitu CV IDS Rumah Pendidikan Indonesia bersama guru SMK Wikrama Bogor berhasil menyusun paket belajar online untuk kalangan SLTP, baik SMP maupun MTs. Paket ini diserahkan kepada wali Kota Bogor dalam rangka mendukung prestasi Bogor sebagai Kota Cerdas. Paket diserahkan oleh Direktur CV IDS Mutia Prawitasari.

Namun, Iin mengatakan, banyak juga kerja sama lainnya yang dilakukan SMK Wikrama untuk melakukan revitalisasi, karena menurutnya sangat berdampak bagi sekolahnya.

Dengan adanya revitalisasi ini, SMK Wikrama Bogor telah mencapai hasil sebagai berikut: kurikulum SMK Wikrama telah selaras dengan industri, telah terjalinnya kerja sama dengan lebih dari 200 industri, terlak­sananya sertifikasi kompetensi melalui LSP-P1 SMK Wikrama Bogor, dan sertifikasi TOEIC.

”Lalu terciptanya inovasi pembelajaran melalui berbagai video materi ajar, guru produktif telah mendapatkan pengalaman industri,” tukasnya.(cr1/c)

Baca Juga