Beranda Politik

Pendaftaran Pilgub Jabar Diawali Duo DM

BERBAGI

BANDUNG-Suhu politik je­lang pilkada mulai menghangat. Empat bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat pun sudah siap bertarung pada ajang Pilkada Jabar 2018.

Keempatnya adalah Ridwan Kamil-UU Ruzhanul, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, dan TB Hasanudin-Anton Charliyan.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengatakan, pihaknya telah menerima pemberitahuan dari para partai pengusung pasangan calon terkait proses pendaftaran ke KPU Jabar.

”Hari ini (kemarin,red) tidak ada yang mendaftar. Kemudian besok (Selasa, 9 Januari 2018) ada satu pasangan calon yang akan hadir, yakni dua DM (Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi),” kata dia, Bandung, Senin (8/1).

Untuk sisa tiga pasangan calon lain rencananya akan mendaftar pada Rabu, 10 Januari 2018. Pertama pasa­ngan calon Ridwan Kamil-UU pukul 10.00 WIB, Sudrajat-Syaikhu pukul 13.00 WIB dan TB Hasanudin-Anton Charli­yan pukul 15.00 WIB.

”Itu jadwal yang kami terima berdasarkan konfirmasi dari partai politik. Kemungkinan masih bisa berubah sesuai kondisi keadaan pasangan calon,” jelas dia.
Yayat mengatakan, KPUD Jabar bakal menyambut para pasangan kandidat Pilkada Jabar dengan petugas yang menggunakan pakaian adat Sunda dan beberapa kesenian seperti lengser.

”Kemudian kami bawa pasa­ngan calon ke aula didampingi pimpinan parpol tingkat pro­vinsi dan pendukungnya paling banyak 100 orang. Kalau lebih dari 100 orang maka ada seba­gian pendukungnya yang berada di luar.”

”Kalau sudah sampai di aula, kami akan menanyakan kepada paslon, apakah sudah siap dengan berkas atau belum,” kata Yayat.

Sementara, pilkada serantak ini akan berlangsung pada 27 Juni 2017. Ada 171 daerah yang akan melangsungkan ajang demokrasi lima tahunan tersebut. Dari 171 daerah, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten.(l6c)

Komentar Anda

Baca Juga