Beranda Olahraga Arena

Welcome Coutinho!

BERBAGI
Felipe Coutinho resmi hijrah ke Barcelona

BARCELONA–Saga transfer Philippe Coutinho berakhir sudah. Liverpool dan Barcelona sudah menemukan kata sepakat untuk transfer Philippe Coutinho, Sabtu (6/1) atau Minggu (7/1) dini hari WIB. Pemain asal Brasil berusia 25 tahun itu pindah dari Liverpool ke Barcelona dengan mahar kontrak sekitar EUR 160 juta atau setara dengan Rp2,58 triliun.

Nilai tersebut membuat Coutinho kini menjadi pemain termahal kedua setelah Neymar (EUR 222 juta), saat PSG merekrutnya dari Barcelona awal musim panas lalu. Di Barcelona, Coutinho akan memakai nomor punggung 7. Dia dikontrak selama lima setengah tahun.

Barcelona juga dengan mencantumkan klausul pelepasan Coutinho sebesar 400 juta euro (sekitar Rp6,45 triliun).

“FC Barcelona dan Liverpool FC telah mencapai kesepakatan untuk transfer Philippe Coutinho. Pemain akan menandatangani kontrak hingga pengujung musim dan lima tahun berikutnya. Dia memiliki buyout clause EUR 400 juta,” bunyi pernyataan resmi Barcelona.

Liverpool juga membenarkan kepindahan Coutinho. “Liverpool memastikan Philippe Coutinho akan meninggalkan klub setelah tercapai kesepakatan dengan Barcelona,” tulis Liverpool di laman resminya.

Terpisah, Manajer Liverpool Juergen Klopp sebenarnya berat melepas Coutinho ke Barcelona. “Sebagai pelatih tim dan pribadi, saya dengan berat hati harus mengucapkan selamat jalan kepada seorang teman baik dan pemain yang fantastis, Philippe Coutinho,” kata Klopp di laman resmi klub.

Menurut Klopp, kepergian Coutinho ke Camp Nou bukan rahasia lagi. Coutinho sudah mengutarakan keinginannya pindah ke Barcelona sejak Juli lalu. ”Dia bilang bahwa Barcelona adalah tim yang dia inginkan. Dia sangat ingin pindah,” tutur Klopp.

Namun Klopp dan klub berhasil membujuk Coutinho untuk bertahan. “Dia juga sangat profesional, membantu tim meraih kemenangan, meski semua orang di sini tahu hatinya di mana,” kata Klopp.

“Sekarang kami harus melanjutkan pekerjaan. Jadi kami ingin mengucapkan selamat jalan buat Coutinho,” pungkas Klopp.(adk/jpnn)

Komentar Anda

Baca Juga