Beranda Pendidikan

SMAN 1 Bogor Kuatkan Akhlak Siswa

ANTUSIAS: Motivator Setia Furqon Khalid foto bersama siswa SMAN 1 Bogor di sela-sela memberi materi.

BOGOR–SMAN 1 Bogor menggelar kegiatan keagamaan rutin yang tahun ini dikemas dalam acara ‘Kaffah 2018’ di Puncak Raya Hotel, Cisarua, Bogor. Acara diikuti siswa kelas 11 SMAN 1 Bogor yang beragama Islam, seba­nyak sepuluh kelas. Sedangkan siswa kelas 12 bertindak sebagai panitia.

Menurut guru agama SMAN 1 Bogor sekaligus ketua pelaksana acara, Khasanuddin, kegiatan itu wajib diikuti siswa kelas 11 karena merupakan bagian dari kegiatan belajar mengajar.

”Namun tempatnya saja yang berbeda dan dikemas secara apik sehingga anak-anak tidak jenuh karena belajar terus di kelas. Konsep kegiatan ini sama seperti sanlat (pesantren kilat),” jelasnya.

Peserta mengikuti rangkaian ke­giatan Kaffah ini selama dua hari (5-6/1). “Jadi pada hari Jumat kami berangkat pukul 06.00 WIB dan diakhri Sabtu pukul 11.00 WIB, mereka pulang ke rumah masing-masing,” terang Khasanuddin.

Banyak kegiatan dan materi yang didapatkan siswa, mulai pengajian hingga salat berjamaah. Tausiyah sendiri disampaikan pemateri yang kompeten di bidangnya. Pertama, Al-Noor Kautsar, vokalis band yang hijrah semakin dekat dengan Allah dan menjadi pebisnis. Kedua, Setia Furqon Khalid, motivator termuda se-Asia, penulis best seller, dan juga entrepreneur sukses. Ia memaparkan materi tentang akhlak.

”Siswa tidak hanya mende­ngarkan, tapi juga diberikan kesempatan untuk tanya jawab,” tambah Khasanuddin.

Dengan mengikuti rangkaian acara yang bertemakan ‘Kuatkan Akhlak Fitrahkan Hati’ tersebut, Khasanuddin berharap siswanya memiliki bekal materi mengenai akhlak dan karakter yang bisa menyelamatkan mereka menghadapi masa depan.

”Karena tanggung jawab mereka kelak bukan hanya untuk diri mereka sendiri, tapi juga untuk keluarga, masyarakat, bahkan negara. Apa yang mereka dapatkan pada hari ini, diharapkan bisa diaplikasikan di kehidupan bermasyarakat,” bebernya.

Khasanuddin pun mengingin­kan kegiatan keagamaan seperti ini konsisten dijalankan SMAN 1 Bogor. ”Dampaknya positif bagi anak-anak.Diharapkan ke depannya akan terus berkembang lebih baik lagi,” tukasnya.(cr1/c)

Baca Juga