Beranda Berita Utama

RK-Uu Didukung Empat Parpol

JAKARTA–Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menjatuhkan pilihan calon wakil gubernur kepada Uu Ruzhanul Ulum. Pilihan RK itu mendapat dukungan dari empat parpol.

Selain Partai Persatuan Pembangunan sebagai parpol yang merekomendasikan Uu, tiga partai lain yang mendukung bupati Tasikmalaya tersebut adalah PKB, Nasdem, dan Hanura.

Ketua Umum DPP PPP M Romahurmuziy (Romy) menyatakan, dinamika yang terjadi di Jabar paling luar biasa dibandingkan wilayah lain. Kesepakatan empat partai itu baru diambil dalam pertemuan Sabtu sore (6/1). ’’Kami membahas dengan melihat konstelasi paslon (pasangan calon, red) lain sekaligus melihat kebutuhan Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) ke depan,’’ katanya di kantor DPP PPP kemarin (7/1).

Dari pertemuan empat pimpinan parpol itu, pemilihan nama cawagub disepakati diserahkan kepada Emil. Dari situ, Emil menyatakan bahwa dirinya membutuhkan figur seperti Uu sebagai pendamping di Pilgub Jabar. ’’Kang Emil tegas menjawab Uu,” ujarnya.

Romy tampak semringah dengan paket pencalonan Emil-Uu. Dia menilai pasangan Emil-Uu mewakili sosok intelektual milenial dan santri. Selain itu, dari sisi geografis, Emil yang mewakili selatan Jabar cocok dengan Uu yang mewakili Jabar Utara atau Pantai Utara (Pantura) Jawa. ’’Keduanya sama-sama pengalaman, tentu menjadi sinergi yang ideal ke depan,’’ kata Romy.

Sementara itu, RK mengatakan bahwa kombinasinya dengan Uu adalah paslon yang sudah membuktikan kinerja di wilayah masing-masing. Bersama Uu, RK berharap mendapat dukungan dari kalangan muda dan santri. ’’Kami berdua dari keluarga santri, Pak Uu apalagi,’’ ujarnya.

RK menyebut PDIP memang pada akhirnya batal menjadi bagian dari koalisi partai pendukungnya. RK mengatakan dihubungi langsung oleh Hasto terkait hal itu. ’’Saya ditelepon Sekjen PDIP bahwa PDIP punya pertimbangan sendiri. PDIP mengusung sendiri kadernya. Sementara koalisi sudah mufakat dengan pasangan Emil-Uu,’’ jelasnya.

Kemarin pasangan RK-Uu menerima tiga SK pencalonan. Yakni, dari Hanura, PPP, dan Nasdem. Adapun penyerahan SK pencalonan dari PKB ditunda hari ini. ”Rencananya diserahkan langsung di Bandung oleh perwakilan DPP dan DPW besok (hari ini, red),’’ jelas Ram Muhammad, perwakilan dari tim media RK.(bay/c15/oni)

Baca Juga