Beranda Pendidikan

Perkuat Bahasa Asing Taruna Laut

BERBAGI

JAKARTA–Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap, para taruna lulusan sekolah pelayaran menguasai bahasa asing. Dalam kunjungannya ke Sekolah Tinggi Ilmu Pela­yaran (STIP) Marun­da, Ahad (7/1), Budi menginginkan pela­jaran bahasa Inggris ditingkatkan di sekolah tersebut.

Ia juga berjanji akan mendata lulu­san pelayaran yang belum mendapat pekerjaan. “Yang su­dah kami tahu itu pilot 1.200 orang yang menga­nggur, sekarang ting­gal 600 orang. Pelaut lebih banyak lagi, sedang diidentifikasi,” kata Budi di STIP Marun­da, Ahad (7/1).

Budi mengatakan, sebetulnya permintaan pelaut dari taruna Indonesia cukup tinggi. Termasuk dari Filiphina yang menjadi pesaing Indonesia karena menjadi salah satu negara yang banyak memasok pelaut untuk berlayar di kancah internasional.

Sayangnya, taruna Indonesia terganjal kemampuan bahasa. ”Kita kalah dengan bahasa, makanya saya sengaja pancing mereka belajar dan mengajar dengan bahasa Inggris,” jelas Budi.

Ke depan, bahasa pengantar di STIP akan diubah menjadi bahasa Inggris agar para taruna pelayaran Indonesia bisa bersaing di tingkat internasional. ”Soal keterampilan teknis, Indonesia itu bahkan lebih bagus dibandingkan Filipina,” ungkap Budi.(net)

Komentar Anda

Baca Juga