Beranda Berita Utama

Perempuan Pertama di Kursi Wakil Rektor IPB

BERBAGI
Prof Erika Budiarti Laconi

BOGOR–Setelah dilantik sebagai Rektor IPB pada akhir 2017 lalu, Doktor Arif Satria kini mulai membentuk kabinet kerja. Arif juga menambahkan satu bidang baru pada jabatan wakil rektor, yakni bidang inovasi, bisnis, dan kewirausahaan. Pada jabatan ini, Arif menempatkan figur perempuan yakni Prof Erika Budiarti Laconi.
”Erika merupakan wakil rektor pertama di IPB setelah 54 tahun,’’ ujar Arif kepada Radar Bogor kemarin (5/1

Bukan tanpa alasan. Menurut Arif, Erika kompeten sekaligus konsisten di bidang pengem­bangan inovasi. Guru besar Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan IPB itu juga dinilai memiliki visi pengembangan bisnis yang bagus.

”Bidang ini (inovasi, bisnis, dan kewirausahaan) memang baru. Ini selaras dengan visi mengedepankan pengembangan IT di lingkungan IPB. Sehingga kewirausahaan akan dikembangkan berbasis inovasi,’’ ujarnya.

Arif menyampaikan bahwa formulanya itu selaras dengan visi mengedepankan pengem­bangan IT di lingkungan IPB. Sehingga program kewira­usahaan diharapkan bisa melahirkan technopreneur dan sociopreneur. ”Kewirausahaan akan dikembangkan dalam rangka pengembangan berbasis inovasi,’’ ujarnya.

Arif berharap, program itu bisa mencetak technopreneur yang andal dari kampus IPB. Tentunya dengan menciptakan berbagai inovasi pertanian berbasis teknologi.
”Inovasi yang konkret sehingga bisa diterima oleh masyarakat,’’ ujarnya.

Pengembangan IT di IPB memang salah satu langkah yang sudah Arif niatkan sejak lama. Menurutnya, hal penting untuk menunjang kemajuan IPB adalah kemajuan IT untuk keperluan riset dan operasional manajemen.

”IT ini darah dari manajemen modern. Kalau IT-nya lemah, bubar semua. Karena zaman sudah berubah,’’ cetusnya.

Maka itu, memperkuat aspek IT menjadi fokus di tahun kepemimpinannya yang pertama. Kemudian merea­lisasikan beberapa program unggulan pada tahun-tahun berikutnya.
”Karena ketika tahun pertama beres aspek transportasi digital, tahun kedua dan ketiga akan lebih ringan untuk banyak hal,’’ kata Arif.

Sementara itu, Arif juga merombak tiga posisi wakil rektor lain untuk menunjang kinerjanya membawa perubahan di IPB. Yakni: bidang pendidikan dan kemahasiswaan diisi Dr Ir Drajat Martianto; bidang perencanaan sumberdaya dan keuangan Dr Ir Agus Purwito; serta bidang kerjasama dan sistem informasi Prof Dodik Ridho Nurrochmat.

Empat wakil rektor itu akan dilantik awal Februari men­datang. Sebelum melantik empat wakil rektor baru, Arif terlebih dahulu melantik para ketua Departemen IPB pada 10 Januari mendatang.

Di bagian lain, Prof Erika Budiarti Laconi belum mau berkomentar banyak sebelum resmi dilantik. Yang pasti, Erika berjanji akan menjalankan tugasnya dengan baik. ”Apa pun tugas yang diberikan IPB, kita harus menjalankannya dengan amanah demi kebaikan IPB ke depan,’’ ujarnya.(fik/c)

Komentar Anda

Baca Juga