Beranda Politik

Sinyal Dukungan Lama Bersemi Kembali

SEMANGAT: Zulkifli Hasan (kiri) saat
bertemu Deddy Mizwar.

BANDUNG–Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyambangi Kota Bandung untuk bertemu Deddy Mizwar kemarin. Keduanya membahas beberapa hal terkait perkembangan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Diakui Zulkifli, dirinya sangat mengharapkan Deddy Mizwar bisa maju dalam kontestasi Pilgub Jawa Barat mendatang. Sebab, Deddy Mizwar dinilai sebagai pemimpin yang tulus dan ikhlas. ”Bagaimana koalisi, kemungkinan dengan siapa, kemudian partai-partai bagaimana, serta jumlah kursi. Karena saya berharap betul Kang Deddy tetap bisa running,” kata Zulkifli di Bandung kemarin (4/1).

Politikus yang kini menjabat ketua MPR itu mengakui, pada awalnya PAN mendukung Deddy Mizwar berdampingan dengan Ahmad Syaikhu untuk maju pada Pilgub Jabar. Namun, seiring dinamika politik yang ada, keputusan tersebut berubah. ”Ternyata kan politik ini dinamis. Ada pembicaraan-pembicaraan, tapi finalisasinya belum,” kata dia lagi.

Terkait dukungan PAN kepada Deddy Mizwar jika berpasangan dengan Dedi Mulyadi, Zulkifli masih meminta waktu. Sebab, politik bukanlah ilmu pasti yang bisa ditetapkan begitu saja. ”Pilkada ini bukan satu sama satu jadi dua, bisa berubah. Kemarin tibatiba Ridwan Kamil ke Jakarta ke tempat PDIP, nanti bagaimana PKB, PPP bisa berubah. Oleh karena itu, kami menunggu dua tiga hari,” urainya.

Sementara itu, Deddy Mizwar menjelaskan bahwa pertemuan kemarin bisa menjadi lampu hijau dukungan dari PAN. Sebab, selama ini PAN memang belum bersepakat dengan Gerindra dan PKS di Jawa Barat. ”Saya tadi menyampaikan kondisi saya sebagai kader Demokrat dengan partai-partai yang sudah komunikasi, termasuk PAN,” ujar Demiz, sapaan Deddy Mizwar.

Dia mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai kemungkinan-kemungkinan adanya koalisi dengan partai lain yang akan mendukung dirinya pada Pilgub Jabar. Meski memberikan respons positif terhadap paket terkait 2DM (Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi), Demiz mengatakan bahwa Zulkifli masih memiliki pertimbangan dan meminta waktu untuk memutuskan. ”Respons Zul positif. Jadi, tidak masalah dengan 2DM. Dia minta waktu satu sampai dua hari untuk putuskan, yang konkretnya itu, biar gak ngambang,” paparnya.(jp)

Baca Juga