Beranda Politik

PKS Targetkan Menang di 90 Daerah

BERBAGI
SERIUS: Bakal calon Gubernur Sumut dari PKS, Edy Rahmayadi memberikan
keterangan kepada para wartawan.

JAKARTA–Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengakui bahwa partainya menargetkan 60 persen menang di Pilkada 2018. Hal tersebut ditegaskan saat acara konsolidasi calon kepala daerah yang diusung PKS di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (4/1).

”Tahun 2018 kita target 60 persen. Ya, minimal di 90 daerah lah. Khususnya menang di daerah utama seperti Sumut, Jabar, Jateng, dan Jatim,” ujar Sohibul. Menurut dia, Pilkada 2018 mempunyai makna yang luar biasa. Dari 171 daerah, kalau ditotal jumlah pemilihnya itu ada 70 persen, sedang di Jawa saja ada 40 persen pemilih.

Kalau target ini tercapai, kata dia, maka jalan PKS menuju Pemilu 2019 pun akan mudah. ”Kalau kita bisa serius dan menang, saya kira bisa memberi jalan yang mudah untuk Pemilu 2019. Juni dilaksanakan, Juli caleg, Agustus sudah pilpres,” kata dia.

Artinya, kata Sohibul, kalau PKS sudah memanaskan mesin partai di 2018 dan langsung menggelinding, maka seperti partai lain, menjadikan ini sebagai batu loncatan menuju 2019. Sohibul menegaskan, sampai saat ini, PKS sudah mengeluarkan 116 SK untuk pilkada. Targetnya, bisa mengikuti 80 persen atau 135 Pilkada. ”Insyaallah ada sekitar 20 lagi. Termasuk Jatim yang tidak selesai-selesai. Kami belum menentukan pilihan apakah ikut paslon atau koalisi baru,” tegas Sohibul.

Sementara itu, Tim Pemenangan Pemilu (TPP) DPP PKS Chairul Anwar mengungkapkan, PKS telah melakukan proses panjang dalam menentukan calon kepala daerah untuk berpartisipasi dalam 171 Pilkada serentak 2018 yang meliputi 17 provinsi, 115 kabupaten, dan 39 kota. Chairul juga menyebut, PKS siap mengikuti ajang pesta demokrasi tersebut dengan menerbitkan SK dukungan kepada calon kepala daerah PKS yang diusung baik dari kader internal maupun tokoh eksternal. ”Kesiapan ini tentunya kita buktikan dengan 116 SK DPP PKS yang telah kami keluarkan kepada sejumlah pasangan calon kepala daerah,” papar Chairul.

Beberapa calon gubernur dan wakil gubernur yang datang dalam acara itu, antara lain, Sudrajat-Ahmad Syaikhu di Jawa Barat, Zulkiflimansyah- Sitti Rohmi Djalilah di NTB, Isran Noor-Hadi Mulyadi di Kalimantan Timur, Muhammad Kasuba-Madjid Husen di Maluku Utara, Syamsuar-Edy Nasutioan di Riau, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman di Sulsel, Said Assagaf- Anderias Restanubun di Maluku, Lukas Enembe-Klemen Tinal di Papua dan Asrun-Hugua di Sulawesi Tenggara.

Selanjutnya, seluruh calon kepala daerah yang diusung PKS ini mendengarkan arahan dari Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, serta menerima SK dukungan, lalu membaca ikrar pemenangan dan pakta integritas.(dil)

Komentar Anda

Baca Juga