Beranda Metropolis

Cairkan Tunjangan Profesi Guru Rp10 Miliar

BERBAGI

BOGOR–Sebanyak 630 guru pendidikan agama Islam (PAI) se-Kota Bogor akhirnya bisa bernapas lega. Setelah menunggu selama lima tahun, tunjangan profesi guru (TPG) milik mereka akhirnya dicairkan.

Kasi Pendidikan Agama Islam pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor, Ujang Supriyatna mengatakan, total angka TPG terutang bagi PNS dan pengawas PAI mencapai Rp10,941 miliar. Angka ini terbagi Rp1,092 miliar untuk PNS Kemenag dan sisanya Rp9,849 miliar bagi PNS non-Kemenag.

“Dananya bukan ditahan oleh Kemenag, memang masih proses pencairan dan sekarang sudah dicairkan. Jadi, PNS Kemenag itu, gaji dan sertifikasinya di Kemenag. Tapi untuk non-Kemenag, gajinya di Disdik, tapi tunjangan sertifikasinya di Kemenag,” papar Ujang.

Dia menjelaskan, tunjangan sertifikasi yang cair setiap guru berbeda-beda. Jika dikal­kulasikan, angkanya masing-masing bisa mencapai puluhan juta. Meski begitu, ada juga guru PAI yang tunjangan sertifikasinya on going atau masih berproses. “Intinya, tunjangan sertifikasi sudah dicairkan Kemenag. Tinggal mereka (guru PAI, red), harus meningkatkan profesionalis­me,” tegasnya.

Dia berharap guru PAI dapat menggunakan TPG tersebut sebaik-baiknya. Serta, pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik memiliki konten yang baik dan tidak membosankan.

“PAI bukan hanya sekadar suplemen, tapi kalau dijadikan konten akan mendarah daging hingga ke karakter. Nah, yang dikhawatirkan itu yang punya gaya hidup hedonis. Kalau orang sudah punya penghasilan dan sertifikasi tapi masih tidak bersyukur, patut dipertanyakan konten guru PAI-nya,” tegas Ujang.

Dia juga mengingatkan agar guru-guru PAI dapat turut meningkatkan profesionalis­menya. “Karena jadi guru PAI itu bukan hal yang mudah, enteng. Saya melihat guru matematika, fisika, itu satu bidang. Tapi guru PAI itu bisa lima bidang sekaligus,” pungkasnya.(wil/c)

Baca Juga