Beranda Berita Utama

Penyebaran HIV Kian Mengerikan, Bayi Tujuh Bulan HIV

BERBAGI

BOGOR–Penyebaran wabah virus mematikan HIV/Aids di Jonggol kian mengkhawatirkan. Teranyar, bayi tujuh bulan (AN), warga Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, diduga terjangkit HIV karena lahir dari rahim ibu yang positif HIV.

Kepada Radar Bogor, petugas kesehatan di Puskesmas Jonggol yang enggan disebutkan namanya, mengaku tengah melakukan pengontrolan intensif pada AN. Menurutnya, sejak lahir hingga saat ini, kondisi AN terus dipantau. Mengingat sang ibu yang berprofesi sebagai pekerja salon, telah terdiagnosis positif HIV. “Ayahnya bersih. Ibunya yang positif, karena itu anaknya terus kami pantau,” katanya.

Menurut petugas tersebut, meskipun proses diagnosis terus dilakukan, kemungkinan besar sang bayi tertular. “Diagnosisnya masih berlangsung. Hanya biasanya, jika ibu HIV, anak akan tertular,” ucapnya.

Informasi itu dibenarkan oleh Camat Jonggol, Beben Suhendar. “Saya sudah dapat laporan dari puskesmas. Balita itu kini masih dalam pengawalan puskesmas,” katanya.

Selain bayi tersebut, Beben juga menerima laporan bahwa di Desa Jonggol terdapat empat perempuan positif HIV, dan 40 perempuan menderita kanker serviks akibat perilaku seks menyimpang.

“Dari empat orang perempuan dewasa yang terjangkit HIV, dua orang sudah meninggal dunia, tersisa dua yang masih rutin rawat jalan kesehatan,” ucapnya.

Sebelumnya, di Desa Sukasirna terdapat tiga perempuan terindikasi HIV/AIDS dan satu telah meninggal dunia. “Agar tidak menyebar, kami bekerja sama dengan puskesmas, juga terus upayakan sosialiasi dan kegiatan penanggulangan,” kata dia.(azi/c)

Komentar Anda

Baca Juga