Beranda Metropolis

85 Ribu Pelancong Serbu Bogor

BERBAGI

BOGOR–Objek wisata di Kota Bogor masih laris. Buktinya, sepanjang libur Natal dan tahun baru ada 85.350 pelancong yang berkunjung di Kota Hujan. Jumlah itu merupakan rekapitulasi wisatawan yang datang sejak 24 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

“Ada peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Kota Bogor dibandingkan tahun sebelum­nya,” ujar Kepala Dinas Pari­wisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi.

Jika dibandingkan dengan 2016, kenaikan wisatawan mencapai 15 persen atau sebanyak 12.750 pengunjung. “Tahun lalu di waktu yang sama hanya ada 72.600 wisatawan yang datang. Jadi, ini peningkatan yang bagus,” katanya.

Shahlan menerangkan, dari sejumlah objek wisata yang ada di Kota Bogor, dua tempat yang menjadi magnet wisatawan adalah wisata air The Jungle dan Kebun Raya Bogor (KRB).

Menurut Shahlan, keduanya punya andil dalam peningkatan jumlah wisatawan. “Di antaranya, KRB yang mengalami kenaikan jumlah pengunjung juga. Diperkirakan karena pedestrian di sekeliling KRB yang bagus, memancing minat pengunjung,” ungkapnya.

Dia menerangkan, dominasi wisatawan masih dari Pulau Jawa. Di sisi lain, membeludaknya jumlah pelancong sejalan dengan tingkat okupansi hotel, khususnya yang berada di lingkar KRB.

Dari 78 hotel yang ada di Kota Hujan, dalam rentang libur akhir tahun saja mencapai angka 92 persen. Sebagian pengunjung yang datang, didominasi wisatawan sekitar Jadetabek.

“Sejak Jumat (29/12), hingga Senin (1/1), akumulasi perhitu­ngan rata-rata tingkat inapan hotel mencapai 92 persen, yang pada hari-hari biasa hanya di kisaran 70 persen. Banyak dari Jadetabek, tapi banyak juga dari luar kota seperti Bandung, dan Palem­bang,” pungkasnya.(wil/c)

Komentar Anda

Baca Juga