Beranda Metropolis

Setahun, Izin tak Kelar-Kelar

NGANGGUR: Setelah setahun lamanya sejak diluncurkan pada tahun baru 2017 lalu, hingga kini bus Uncal belum bisa dinikmati oleh warga Bogor.

BOGOR–Masih ingatkah Anda dengan Bus Unforgettable City Tour at Lovable City (Uncal)? Jika tidak, mari kita tengok kembali ke perayaan pergantiaan tahun 2016–2017.

Di situlah bus Uncal pertama kali diluncurkan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya. Ya, bus yang dijadikan sebagai moda transportasi tur keliling Bogor itu, memang sangat menarik perhatian warga Kota Hujan kala itu. Sayangnya, setahun berlalu, bus Uncal tak kunjung mengaspal.

Sejumlah kendala memang menjadi penyebab belum beroperasinya bus Uncal. Mulai uji KIR, sertifikasi registrasi uji tipe (SURT), hingga beberapa kali pula bus yang kerap terlihat menjadi moda berkeliling Kota Bogor di agenda Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor ini diubah bentuknya.

Masyarakat pun seakan bertanya-tanya, kapan bisa menikmati bus Uncal? Beberapa waktu lalu bus tersebut sempat terlihat terparkir di Balaikota Bogor, tapi kini lagi-lagi menghilang.

Semisalnya, Ika Pandini, yang mengatakan pernah sesekali mencoba datang ke Balaikota Bogor, ingin merasakan sensasi menaiki bus Uncal. Namun, sesering itu pula ia gagal. “Waktu awal-awal di-launching itu pernah ke Balai Kota, pengen nyobain.

Tapi belum sempet nyobain, sudah enggak ada. Sekarang sih udah males, enggak tahu juga di mana,” kata Ika.

Klik Gambar

Dia menilai, jika memang bus Uncal belum sepenuhnya memenuhi persyaratan menjadi bus wisata, mestinya tidak perlu diumumkan terlebih dahulu. “Beritanya kan sudah ke mana-mana. Bukan tidak mungkin, warga luar Bogor ingin menikmati bus Uncal. Sudah jauh-jauh, tapi enggak ada, kan kasihan,” beber Ika.

Lain Ika, lain Ulfa Elfina yang bahkan tidak tahu-menahu keberadaan bus yang sekilas serupa bus Bandros di Kota Bandung ini. “Emang ada yah? Wah gak tahu saya,” singkatnya.

Ulfa mengaku, ketidaktahuan­nya soal bus Uncal, lantaran beberapa bulan terakhir tidak menetap di Kota Bogor, dan baru kembali saat tahun baru. “Kalau memang ada, ya bagus dong. Bisa jalan-jalan keliling, gratis,” ungkapnya sembari diiringi tawa.

Dikonfirmasi soal keberadaan bus Uncal, Wali Kota Bima Arya mengatakan, kepala Dinas Perhubungan (Dishub) baru saja melapor bahwa akhirnya izin bus Uncal sudah selesai. “Kemarin, bu kadis lapor, bahwa akhirnya izinnya selesai. Silakan dikonfirmasikan,” jawabnya singkat.

Namun, ketika dikonfirmasi, Kepala Dishub Kota Bogor Rakhmawati enggan berkomentar. Pesan pendek dari wartawan koran ini tak kunjung dijawab.

Tapi sebelumnya, Rakhma beralasan bahwa izin bus Uncal diurus oleh Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT). Hingga kini pihaknya juga masih menunggu izin SRUT agar bus pariwisata tersebut bisa segera digunakan masyarakat.

“Kami tinggal menunggu izin SRUT dari Kemenhub saja. Tetapi, prosesnya memang lama. Jadi, kita hanya bisa menunggu,” ucapnya.(wil/c)

Baca Juga