Beranda Metropolis

Ragam Pesona Kujang Dimulai

BERBAGI

BOGOR–Peserta Ragam Pesona Kujang mulai berdatangan ke Kota Bogor kemarin (28/12). Pameran yang digelar Baraya Kujang Pajajaran (BKP) itu, akan menjadi pameran kujang terbanyak yang pernah digelar. Tak tanggung-tanggung, ada 300 kujang dari berbagai daerah di nusantara yang akan dipamerkan di Botani Square hari ini (29/12) hingga besok (30/12).

Ketua panitia Gatut Susanta mengatakan, ada beberapa daerah yang sudah hadir. Antara lain, perwakilan dari Garut, Cirebon, Sumedang Bandung, Serang, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. “Mereka sudah siap menunjukkan kujang khas milik daerah mereka,” ujar Gatut.

Dia menjelaskan, pameran ini dilaksanakan untuk mengenalkan lagi budaya nusantara kepada masyarakat. Khususnya kujang sebagai salah satu senjata warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. “Sekarang banyak anak muda yang justru lebih kenal shotgun dan sebagainya. Kujang justru hanya diketahui sebatas ikon Bogor,” ungkapnya.

Selain menampilkan beragam kujang dari berbagai daerah. Dalam perhelatan tersebut juga menghadirkan emat tokoh yang sangat mengerti sejarah kujang. ”Mereka akan berbagi pengetahuan kepada masyarakat tentang kujang,” beber Gatut.

Bersamaan dengan itu, ada pula penanaman ribuan pohon di Gunung Salak dan Gunung Kars Ciampea yang dirayakan berbarengan dengan HUT Kopassus.

Di tempat yang sama, Manajer Promosi Botani Squre, Heri Purnawan mengungkapkan, pihaknya sudah sangat siap dan mendukung adanya perhelatan Ragam Pesona Kujang. Selama ini, Botani juga sangat konsen dengan acara budaya. “Persiapan tempat dan fasilitas, kami sudah siap,” pungkasnya.(ran/c)

Komentar Anda

Baca Juga