Beranda Metropolis

Puskesmas Rawat Inap Bertambah

BERBAGI
Kepala Dinkes Kota Bogor Rubaeah

BOGOR–Upaya menekan mem­beludak­nya pasien di rumah sakit terus dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor. Salah satu­nya dengan me­res­­mikan Pus­kes­mas Rawat Inap dan Induk Merde­ka, Kecamatan Bogor Tengah, kemarin (28/12).

Kepala Dinkes Kota Bogor Rubaeah mengatakan, puskes­mas ini diperuntukkan untuk meng-cover warga Bogor Tengah. “Jadi, masyarakat Bogor Tengah yang ingin mendapat perawatan rawat inap tidak usah ke rumah sakit,” kata Rubaeah.

Warga juga tak usah khawatir akan kekurangan tempat. Pasalnya, di Puskemas Merdeka tersedia sepuluh ruang inap. “Semua puskesmas juga ter-cover BPJS dari semua jenis penyakit dan obat-obatan,” ucapnya.

Rubaeah menjelaskan, dibangunnya puskesmas rawat inap merupakan salah satu kebijakan pencapaian program kesehatan untuk mencapai Indonesia Sehat. Ada tiga rumusan untuk mencapai hal itu semua. Pertama; penguatan pelayanan kesehatan, kedua; penerapan paradigma sehat, dan yang ketiga adalah jaminan kesehatan.

“Keberadaan puskesmas rawat inap ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No 75 Tahun 2014. Dalam isinya merekomendasikan bahwa pembentukan puskesmas di kabupaten, kota di seluruh Indonesia harus diupayakan berpihak kepada masyarakat,” bebernya.

Program ini juga selaras dengan rencana panjang jangka menengah daerah (RPJMD) dan merupakan arahan wali kota. “Bahwa dalam satu wilayah kecamatan minimal tersedia satu puskesmas dengan perawatan atau puskesmas rawat inap,” pungkasnya.(wil/c)

Komentar Anda

Baca Juga