Beranda Politik

Hanura Resmi Dukung Ridwan Kamil


VIRAL: Foto Ridwan Kamil alias Emil tampak diapit jajaran pengurus Hanura sembari memegang map dan surat dari Hanura.

BANDUNG-Setelah NasDem, PKB, dan PPP, giliran Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang mendukung Ridwan Kamil sebagai calon gubenur (cagub) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Ketua Tim Pilkada Partai Hanura, Hari Untung Siregar, membenarkan kabar itu. ”Hanura sudah secara resmi mendukung Ridwan Kamil di Jawa Barat,’’ ujar Hari kepada pewarta.

Menurut Hari, alasan men­du­kung Ridwan Kamil salah satunya karena adanya kesamaan visi-misi untuk membangun Jawa Barat. ”Ya sudah pasti (sama visi-misi), chemistry sama,’’ katanya.

Hari juga mengakui dalam mendukung Ridwan Kamil, Partai Hanura tidak memberikan persyaratan khusus. Termasuk memberikan nama calon pendamping ke Ridwan Kamil.

”(Hanura nawarin cawagub?) Ya serahkan kepada calon gubernurnya, kita tidak ada syarat khusus,’’ ujarnya.

Dukungan Hanura kepada Ridwan Kamil alias Emil diketahui dari beredarnya foto di kalangan wartawan. Dalam foto itu, Emil tampak diapit jajaran pengurus Hanura sembari memegang map dan surat dari Hanura.

Hanura sendiri melengkapi dukungan Emil yang telah diusung PPP, PKB dan NasDem. Dengan tiga kursi di DPRD Jawa Barat, dukungan Hanura membuat Emil memiliki 24 kursi dari dukungan empat partai.

Sebelum mendukung Emil, Hanura diketahui juga menjalin komunikasi dengan Ketua DPD Golkar Jawa Barat sekaligus Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Namun, saat itu dukungan Golkar sempat diberikan kepada Ridwan Kamil sebelum kembali beralih ke Dedi Mulyadi.

Selain Ridwan Kamil, saat ini ada dua nama yang diusung sebagai calon gubernur yakni Dedi Mulyadi yang diusung Golkar, Deddy Mizwar yang diusung Demokrat, dan Sudrajat yang diusung PKS, Gerindra dan PAN.

Dedi Mulyadi santer dikabar­kan akan dipasangkan dengan Deddy Mizwar dengan risiko salah satu harus mengalah men­jadi calon wakil gubernur.

Sementara Sudrajat sudah resmi dipasangkan dengan kader PKS yang juga Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu.(ric/net)

Baca Juga