Beranda Metropolis

Tanam Dua Ribu Pohon Cegah Longsor

BERBAGI
TANAM POHON: Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Arm Doddy Suhadiman menginisiasi kegitan penanaman pohon di Perum MBR, Kelurahan Katulampa, kemarin (27/12).

BOGOR–Tingginya bencana longsor dan banjir di Kota Bogor tidak bisa dianggap remeh. Tercatat, sepanjang 2017 telah terjadi 150 kali kejadian longsor. Nah, agar peristiwa serupa tidak terjadi di tahun-tahun mendatang, Kodim 0606 Kota Bogor menginisiasi aksi tanam pohon di wilayah yang dinilai krusial, kemarin (27/12). Salah satunya di Jalan R3 RT 01/17, Perumahan MBR, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

Dandim 0606 Kota Bogor Letkol Arm Doddy Suhadiman memaparkan, aksi tanam pohon merupakan satu dari sekian kontribusi Kodim memelihara kelestarian alam dan lingkungan. “Sekaligus bisa mengurangi potensi bencana,” paparnya.

Dody menjelaskan, total ada sebanyak 2.000 pohon yang ditanam. Namun, untuk tahap pertama akan ditanam 200 pohon terlebih dahulu. Seperti trembesi, sirsak, dan manggis. “Dua ribu pohon akan ditanam seluruhnya di Kelurahan Katulampa. Sambil mencari lagi lokasi lainnya yang dirasa butuh ditanami pohon,” ucapnya. Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk bisa kembali menanam pohon sendiri dan terus memeliharanya. “Jadi, yang kita lihat bukan jumlahnya yang ditanam, tapi berapa yang tumbuh,” ungkapnya.

Ketua RW 17 Perumahan MBR, Kelurahan Katulampa, Makmur Ginting mengapresiasi aksi tanam pohon di lingkungannya. Menurut dia, manfaat yang dirasakan tidaklah sedikit. Terlebih jika jalan R3 yang mangkrak kembali dibangun. “Warga kami hanya mengharapkan adanya tanaman-tanaman peneduh,” terangnya. Menurut dia, proses perawatan pohon tidak akan sulit lantaran tokoh masyarakat di wilayahnya terhitung peduli dengan pohon-pohon yang ada.(wil/c)

Komentar Anda

Baca Juga