Beranda Metropolis

Pedagang Bongkar Lapak Sendiri

BONGKAR SENDIRI: Para pedagang membongkar lapaknya sendiri dalam penertiban PKL di Pasar Anyar, kemarin (27/12).

BOGOR–Ada yang berbeda dengan penertiban pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Dewi Sartika, Sawojajar, dan MA Salmun, kemarin (27/12). Tidak biasanya PKL berinisiatif membongkar lapaknya sendiri. Jika biasanya akan ada aksi adu mulut, penertiban puluhan PKL kemarin justru berlangsung tertib.

Kepala Satpol PP Kota Bogor Hery Karnadi menjelaskan, penertiban ini merupakan bagian dari upaya menciptakan kondisi aman dan nyaman bagi warga Kota Hujan menjelang malam tahun baru.

“Penertiban pedagang terbilang kondusif. Ada tiga titik yang kami tertibkan,” ujarnya.

Melihat anggota Satpol PP yang berdatangan, membuat pedagang yang berjualan tidak pada tempatnya langsung berinisiatif membereskan dagangannya. Satpol PP pun kemudian membersihkan PKL yang membanjiri jalanan, yang berpotensi membuat macet laju kendaraan.

Selain penertiban PKL, Satpol PP juga melakukan razia petasan dan kembang api di Jalan Suryakancana, Jembatan Merah, dan Pasar Anyar.

“Secara aturan kan tidak boleh. Nantinya akan berpotensi memicu kerawanan sosial pada saat malam tahun baru. Sejauh ini, memang belum ada indikasi yang rumit, hanya beberapa yang kami data dan kami peringatkan,” tuturnya.

Ke depan, sambung Hery, Satpol PP bersama dinas terkait akan melakukan operasi besar-besaran demi mengamankan situasi Kota Bogor jelang malam tahun baru. “Setelah penertiban PKL dan razia petasan, besok (hari ini, red) akan kami lakukan razia miras,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Theo Patrocinio Freitas mengatakan, problem PKL memang menjadi salah satu penyebab kemacetan yang terjadi di beberapa ruas jalanan Kota Hujan.

“Di antaranya jalur sistem satu arah (SSA), banyak orang lewat jalur alternatif seperti Jalan Dewi Sartika dan Pengadilan. Nah, kalau jalanan itu banyak PKL dan parkir, otomatis akan ber­dam­pak macet dan bisa meme­ngaruhi kelancaran SSA,” terangnya.(wil/c)

Baca Juga