Beranda Metropolis

Pameran Kujang Terbanyak Dimulai Besok

BOGOR–Bagi Anda para penggemar senjata tradisional, khususnya kujang, acara yang satu ini tentu tak boleh terlewatkan. Akan ada ”Ragam Pesona Kujang” yang dihelat di Botani Square, mulai Jumat (29/12) hingga Sabtu (30/12). Pameran yang digelar Baraya Kujang Pajajaran (BKP) itu, akan memamerkan 300 kujang dari berbagai daerah di nusantara.

Ketua panitia Gatut Sutanta mengatakan, pameran ini dilaksanakan untuk mengenalkan masyarakat terhadap budaya nusantara. Khususnya kujang, sebagai salah satu senjata warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. “Sekarang banyak anak muda yang justru lebih kenal shotgun dan sebagainya. Kujang justru hanya diketahui sebagai ikon Bogor,” ungkapnya kepada Radar Bogor.

Gatut juga prihatin dengan banyaknya kujang di Indonesia yang dijual ke luar negeri. Maka dari itu, Ragam Pesona Kujang diharapkan jadi awal bergeraknya berbagai gebrakan lain ke depan dalam membudayakan kujang. “Ke depan, kami berharap Bogor memiliki galeri kujang yang bisa dijadikan tempat belajar anak-anak sekolah,” bebernya.

Tidak hanya menampilkan beragam kujang dari berbagai daerah. Dalam perhelatan yang dilaksanakan dua hari ini, juga menghadirkan empat tokoh yang sangat mengerti sejarah kujang. “Mereka akan berbagai pengetahuan kepada masyarakat tentang kujang,” kata Gatut.

Di tempat yang sama, Manajer Promosi Botani Squre, Heri Purnawan mengungkapkan, pihaknya sudah sangat siap dan mendukung adanya perhelatan Ragam Pesona Kujang. Selama ini, Botani juga sangat konsen dengan acara budaya. “Persiapan tempat dan fasilitas, kami sudah siap,” ujarnya.(ran/c)

Baca Juga