Beranda Olahraga

Tim Pertama Lolos Uji Tabrak

BERBAGI

SIAP TEMPUR: Tim Ferrari memperkenalkan jet darat anyarnya.

MILAN–Mobil dengan kode sasis 669 milik Ferrari berhasil lolos tes tabrak yang di­selengg­arakan Fédération In­ter­natio­nale de l’Automobile (FIA).

Ferrari pun menjadi tim pertama yang dinyatakan lolos tes tabrak itu. Uji tabrak tersebut dilakukan di fasilitas Collision Safety Institute (CSI ) yang ditunjuk resmi FIA di Bollate, Italia.

Tes tersebut diawasi langsung Direktur Teknik Ferrari Mattia Binotto. Sebelumnya, mereka sudah lebih dulu melewati relevant static test untuk menguji stabilitas mobil.

Hasil menggembirakan tersebut sudah dikantongi Ferrari dua bulan sebelum jadwal peluncuran mobil 2018 secara online pada 22 Februari nanti.

Dengan lebih cepat melewati tahapan penting tersebut, Ferrari memiliki banyak waktu untuk melanjutkan pengembangan dan penyempurnaan mobil dibandingkan tim lain.

Layaknya tim rival, Ferrari juga harus menyesuaikan diri dengan perubahan peraturan teknis yang berhubungan dengan steering dan suspensi depan mobil.

Race Director Charlie Whiting pekan lalu menyatakan, tim-tim F1 mengatur setelan suspensinya agar sayap depan bisa turun serendah mungkin demi mendapatkan keuntungan aerodinamika saat berada di tikungan.

Namun, untuk musim depan, hal itu tidak akan terulang lagi. Sebab, FIA hanya mem­perbolehkan jarak turun sayap depan ketika mobil melibas tikungan tidak lebih dari lima milimeter.

Nah, Ferrari adalah salah satu tim papan atas yang akan memodifikasi geometri awal mobil mereka untuk meng­hindari pelanggaran.

Mobil baru Ferrari dirancang oleh tim yang dipimpin Kepala Desainer Simone Resta dan Kepala Aerodinamika Enrico Cardile.

Melihat kebangkitan Ferrari di musim 2017, ketika mereka memenangi lima balapan (musim 2016 tanpa ke­menangan), pabrikan Italia tersebut sudah memiliki basis mobil kuat untuk membangun senjata ampuh untuk musim depan.

“Tidak ada keraguan pada diri kami bahwa musim depan kami akan datang lebih kuat,” ujar Presiden Ferrari Sergio Marchionne.(cak/nur)

Komentar Anda

Baca Juga