Beranda Metropolis

Dorong Mahasiswa Jadi Wirausaha

foto:ica/radar Bogor
KREATIF: Departemen Agribisnis IPB menggelar Entrepreneurship Seminar & Expo of Agribusiness di koridor Gema IPB.

BOGOR–Departemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor (IPB) terus mendorong mahasiswanya untuk berwirausaha demi mendongkrak perekonomian masyarakat. Salah satunya dengan menggelar Entre­preneurship Seminar & Expo of Agribusiness di koridor Gema IPB, Sabtu (23/12).

Sedikitnya, 18 inovasi produk bisnis yang tercipta dari tangan mahasiswa semester tujuh Departemen Agribisnis IPB ditampilkan.

Menurut dosen mata kuliah Praktikum Kewirausahaan Departemen Agribisnis IPB, Burhanuddin, kegiatan ini ditujukan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengapli­kasikan ilmu yang mereka dapatkan selama di kelas.

“Jadi, sebagai bukti apakah teori yang diterima selama perkuliahan efektif atau tidak. Tolok ukurnya di sini,” bebernya.

Kegiatan ini, ia rasa sangat penting bagi mahasiswa pertanian. Sebab, pertanian sangat membutuhkan generasi muda yang memiliki jiwa kewirausahaan, dan perguruan tinggilah yang mempunyai fungsi untuk mencetak itu.

“Inilah yang kami siapkan untuk menggantikan para petani tadi dengan sumber daya yang punya kapabilitas dan kapasitas lebih baik. Sangat bisa dimungkinkan mengubah pertanian tradisional menjadi pertanian modern,” terangnya.

Kegiatan ini juga dinilai sangat bagus oleh istri dari Rektor IPB, Neno Arif Satria. “Karena bisa mendorong generasi muda untuk mau berusaha. Apalagi, anak muda itu identik dengan anak-anak yang kreatif dan inovatif,” bebernya. (cr1/c)

Baca Juga