Beranda Olahraga Arena

Tokoh Wushu Nasional Menyandang Gelar DAN VIII Wushu Internasional dari FWA

IST
APRESIASI: Ketua WFA Mr Huo Zhen Huan(kanan) menyerahkan apresiasi kepada tokoh wushu nasional Master Supandi Kusuma di sela-sela perayaan HUT ke-30 Federasi Wushu Asia , Sabtu (16/12) di Guangzhou.

Supandi Kusuma mendapat penghargaan dari Federasi Wushu Asia (FWA), atas dedikasi dan pengabdiannya terhadap perkembangan dan kemajuan olahraga beladiri asal Tiongkok ini di Asia. Siapakah dia ?

Penghargaan untuk Tokoh Wushu Nasional asal Sumut Master Supandi Kusuma, diserahkan langsung oleh Ketua WFA Mr Huo Zhen Huan di sela-sela perayaan HUT ke-30 WFA di Guangzhou.

Apresiasi dari WFA kian melengkapi penghargaan yang diterima Master Supandi Kusuma dari federasi wushu internasional. Sebab, sebelum­nya atau tepatnya saat Indonesia menjadi tuan rumah Kejuraan Dunia Wushu Tahun 2015, Federasi Wushu Dunia (IWUF) juga pernah menganu­gerahkan penghargaan terhadap pria penyandang gelar DAN VIII Wushu Internasional ini.

Master Supandi mengaku tidak menyangka jika dirinya mendapat penghargaan dari WFA. “Tadinya saya sebagai anggota Komite Eksekutif WFA hadir ke Guangzhou untuk menghadiri rapat Komite Eksekutif Federasi Wushu Asia ke-43 (the 43rd WFA executive committee meeting) sekaligus perayaan HUT ke-30 WFA dan pelaksanaan Piala Asia Wushu Sanda I/2017.

Namun ternyata di sela-sela acara saya didaulat menerima penghargaan. Saya bersyukur kepada Yang Maha Kuasa dan berterimakasih kepada WFA atas apresiasi ini,” ujar Pembina Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI) Medan ini melalui pesan tertulis, kepada INDOPOS.

Master Supandi mengaku, kaget mengetahui akan menda­pat pengharagaan. Apalagi dirinya tidak lagi memimpin federasi Wushu Indonesia (PB WI). Namun, Mr Huo Zhen Huan menyebu­tkan WFA tidak pernah dan tidak akan melupa­kan jasa orang-orang yang sudah berbuat dan mengabdi mengem­bangkan wushu.

Karena itulah Federasi Wushu Asia di hari jadiya yang ke-30 memberikan penghargaan kepada Master Supandi Kusuma yang dianggap sudah banyak berbuat untuk perkembangan dan kemajuan wushu di Asia.

Pemberian penghargaan ini juga memberi kesan tersendiri bagi Master Supandi. Sebab acaranya bukan saja dihadiri Ketua Federasi Wushu Interna­sional (IWUF) Mr. Yu Zai Qing, tapi juga disaksikan beberapa pelatih wushu senior kenamaan seperti Wu Bin (Pelatih aktor laga Jet Li) dan juga pelatih atau guru Master Supandi Kusuma sendiri yakni Men Hui Feng.

Selain itu juga hadir aktor laga Vincent Zhao (Zhao Wen Zuo) yang merupakan Duta Federasi Wushu Asia.“Vincent Zhao juga adalah murid dari pelatih Men Hui Feng. Jadi saya dengan Vincent Zhao adalah saudara seperguruan,” ujarnya.

Master Supandi membenarkan, wushu baginya sudah merupa­kan bagian dari hidup. Karena itu, meski usianya tidak lagi muda, namun atensi dan kecintaannya terhadap wushu tidak pernah luntur. (bam)

Baca Juga