Beranda Nasional

Lima Belas Tahun Sahara Terbaring di Kasur

nelvi/radar bogor
DIRAWAT: Sahara (15) menjalani perawatan di RSUD Cibinong, kemarin (23/12).

BOGOR-Tubuh mungil Sahara (15) semakin hari semakin kurus. Warga Cibinong, Kabu­paten Bogor, itu hanya bisa berbaring di kasur. Ayah Sahara, Doman mengatakan, anaknya sudah mengalami kelainan sejak bayi.

Saat ditemui di kediamannya, Doman menceritakan, dari delapan anaknya, hanya Sahara yang terserang kelainan. Menu­rutnya, Sahara kecil pernah mengalami kejang-kejang saat berumur enam bulan.

“Sahara dulu sempat disedot cairan dari kepalanya. Saya tidak mengerti sakitnya apa, yang jelas memang Sahara sudah begitu sejak masih bayi, dari bayi sampai sekarang hanya bisa berbaring saja di atas kasur,” jelasnya.

Doman mengatakan, dirinya sampai berhenti bekerja agar bisa mengurus Sahara, sehingga un­tuk pengobatan dan keper­luan Sahara kini mengandalkan uluran tangan dari kakak-kakak Sahara dan pemerintah. ”Kami sudah berkali-kali bolak-balik rumah sakit, cari penanganan medis yang baik, tapi tetap seperti itu. Dan sepeninggalan ibunya, berat badan Sahara jus­tru semakin turun,” ungkap Doman.

Bupati Bogor Nurhayanti bah­kan sempat hadir menengok Sahara. Namun kini Sahara kini sudah dibawa pihak puskesmas setempat ke RSUD Cibinong dan sudah tiga hari menjalani perawatan.

Saat didatangi Radar Bogor ke rumah sakit, Sahara sedang diasuh oleh kakak pertamanya, Dahlia. ”Selain itu juga banyak tetangga yang menemani Sahara di rumah sakit. Saya bersyukur banyak yang perhatian sama Sahara,” terangnya.

Berdasarkan keterangan Dahlia, Dinas Sosial Kabupaten Bo­gor pun sudah bertahun-tahun memberikan bantuan untuk Sahara.

”Meski tidak be­sar, tetapi cukup untuk keperluan bulanan Sahara, seperti susu dan popok. Karena kan Sahara hanya bisa berbaring, jadi popok suka kehabisan banyak,” tuturnya.

Dahlia mengatakan, jika lapar, Sahara bisa bersuara sedikit, sambil membuka mulutnya. ”Tapi dia masih bisa merespons, kadang bahkan tertawa. Saya berharap kondisi Sahara bisa membaik, minimal berat badannya tidak semakin menurun,” bebernya.(cr1/c)

Baca Juga