Beranda Metropolis

PD Pasar Tingkatkan Akurasi Survei Data Pangan

BERBAGI

BOGOR–Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD-PPJ) Kota Bogor terus mendukung program pemkot dalam hal meningkatkan pemantauan dan pengendalian inflasi data pangan.

Salah satunya dengan menggelar Rakor Capacity Building bertema Kecepatan dan Akurasi Survei Data Pangan untuk Peningkatan Pemantauan dan Pengendalian Inflasi di Bumi Gumati, Sukaraja, kemarin (22/12).

Bagian Sub Jasa Pemberdayaan Pedagang PD-PPJ Ahmad Nur Fauzi menuturkan, dengan adanya rakor ini, masing-masing SKPD dapat saling berkoordinasi dengan PD-PPJ terkait data pangan yang dimiliki, sehingga menghasilkan data pangan yang akurat dan seragam. Dengan harapan, data tersebut akan memudahkan PD-PPJ dalam pengambilan suatu kebijakan terkait pangan.

“Dalam rakor juga membahas lima metode pengumpulan data statistik pertanian tanaman pangan yang dilakukan secara lengkap melalui pendekatan area di seluruh kecamatan,” katanya kepada Radar Bogor.

Menurut dia, data luas tanaman padi dan palawija dapat diperoleh dengan cara mendekatkan data luas panen, tanam, dan puso berdasarkan peta luas baku lahan sawah (audit lahan) dengan menggunakan citra satelit.

Dalam rakor tersebut hadir 12 orang yang terdiri atas PD-PPJ, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bogor, Disperindag Kota Bogor, dan Dinas Pertanian Kota Bogor.(ran/c)

Komentar Anda

Baca Juga