Beranda Metropolis

Liburan Bareng Sarat Edukasi

ANTUSIAS: Puluhan anak menikmati libur ceria sembari belajar melukis batik, membuat pizza dan jus sehat di Resto Takol IPB.

BOGOR–Libur sekolah sudah tiba. Daripada liburan sendirian, mending liburan bareng. Seperti yang dilakukan puluhan anak dari Sekolah Keluarga Empat Pilar (Sekar) di Resto Taman Koleksi belum lama ini (20/12).

Mereka mengisi liburan dengan belajar memasak, membatik hingga membuat terarium (wadah dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman).

External Affair Sekar, Hanni Fajar Rusli mengatakan, liburan bareng merupakan salah satu program playdate dari Sekar, dalam rangka mengisi liburan sekolah. Acara yang baru saja dilaksanakan itu ditujukan untuk anak usia 6-12 tahun. “Selain itu, kami juga punya program playdate reguler untuk anak usia dini setiap Selasa dan Sabtu,” kata Hanni.

Bicara konsep, Sekar memfo­kus­­kan pada pengem­bangan minat dan bakat anak dengan cara memperkaya pengetahuan dan pengalaman mereka untuk melakukan beragam aktivitas, sambil mengeksplorasi minat dan bakatnya.

“Misalnya, untuk kegiatan liburan bareng, kami memperkenalkan tiga aktivitas. Yakni membatik, fun cooking, dan membuat terarium,” ungkap Hanni.

Dia menjelaskan, pemilihan tiga aktivitas tersebut bukanlah tanpa sebab. Membatik, misalnya, mewakili kegiatan atau aktivitas dalam bidang seni dan profesi dalam bidang seni, khususnya perajin batik. Dengan membatik, anak-anak juga secara tidak langsung diasah kemampuan motorik dan imajinasinya.

“Nah, kalau fun cooking mewakili aktivitas yang berhubungan dengan minat anak di bidang masak-memasak. Memasak bukan hanya untuk anak perempuan.

Memper­kenalkan profesi chef, diselingi kegiatan membuat pizza sehat dan green veggie juice,” paparnya.

Kemudian aktivitas terakhir adalah membuat terarium. Kegiatan ini, untuk mengajak anak-anak peduli dan mencintai lingkungan. Sekaligus juga melatih tanggung jawab anak. “Karena hasil teranium dapat dibawa pulang dan setiap anak bertanggung jawab terhadap terarium yang sudah mereka buat,” paparnya.

Dengan liburan bareng diharapkan agar anak-anak dapat mengisi liburan dengan beragam kegiatan yang lebih bermanfaat serta menambah pengalaman baru. “Tentunya tetap fun, karena dilakukan bersama teman-teman lainnya dalam suasana yang seru,” bebernya.(wil/c)

Baca Juga