Beranda Female

Upayakan Cantik Luar Dalam

Selain dari sisi medis, seminar ini juga menghadirkan narasumber yang berbicara dari sisi agama mengenai kesehatan organ reproduksi. Ketua Umum PW Salimah Ani Rukmini menjelaskan bahwa menjaga kesehatan sangat penting, tapi yang tak kalah penting adalah menjadi wanita salehah.

Ada beberapa kriteria untuk menjadi istri salehah yaitu jika dipandang menyenangkan, bila diperintah taat, dan selalu menjaga amanah suami. “Istri salehah bukan hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri, tetapi bisa bermanfaat untuk suami dan anak-anaknya, juga bermanfaat bagi sekitarnya. Kecantikan yang menggambarkan kekuatan agama, itu ciri yang melekat pada istri salehah,” tuturnya

Sebagai seorang wanita perlu memiliki inner beauty, yaitu kecantikan jiwa yang tampak dalam bentuk senyum tulus, keceriaan, dan kehangatan sambutan. Dalam bahasa dakwah, inner beauty diistilahkan kecantikan ruhiyyah.

Ukuran kecantikan bisa dilihat dari jiwa yang cantik, mencerminkan hati yang dipenuhi keikhlasan, kepasrahan dan takwa. Jiwa akan cenderung stabil, optimis dan bahagia. ”Ukuran kecantikan tampak dari kecerdasan dan keceriaan, lembut tetapi tegas dan pribadi yang penuh cinta,” tuturnya.

Selain itu, juga harus memperhatikan outer beauty dengan cara selalu menjaga kebersihan diri, menggunakan pakaian bersih, indah, nyaman, padu-padan dan menggunakan aksesori, riasan halal dan aman, minyak wangi yang sesuai selera suami, dan selalu membersihkan area kewanitaan.

”Inner dan outer beauty harus dilakukan seimbang. Untuk rambut indah jauhkan prasangka dan perhatikan juga kerapian, untuk kulit bersinar perbanyak membaca Alquran dan ibadah malam, serta lindungi diri dari sinar UV,” pungkasnya.(cr6/c)

Baca Juga