Beranda Politik

Perindo-PSI Lolos di Pusat

BERBAGI

JAKARTA–Satu tangga sudah ditapaki Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam rangkaian verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan bahwa kepengurusan tingkat pusat (DPP) dua parpol itu memenuhi syarat.Kemarin (20/12) tim KPU yang dipimpin langsung Ketua Arief Budiman mendatangi kantor DPP kedua partai. Kantor DPP Perindo berada di Jalan Abdul Muis dan DPP PSI di Jalan KH Wahid Hasyim.

Dalam proses verifikasi, KPU mengecek KTP dan KTA beserta kehadiran para pengurus partai. Mulai ketua umum, sekjen, hingga pejabat teras partainya. Lalu, keterwakilan perempuannya juga dihitung. Selain itu, dicek kondisi kantor beserta legalitas penggunaan bangunannya.

Dalam kepengurusan DPP Perindo, ada delapan perempuan dari 24 pengurus atau 32 persen. Di PSI, ada enam perempuan di antara sembilan pengurus atau 54 persen.

Arief menyatakan, verifikasi di tingkat pusat hanya salah satu tingkatan. Sebab, proses serupa berjalan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota sejak 15 Desember lalu.

Karena itu, kelayakan di tingkat pusat belum menjamin partai bisa lolos. ’’Lolos hari ini juga belum tentu menyelesaikan semuanya. Sebab, masih ada verifikasi faktual di provinsi, kabupaten, dan kota,’’ ujarnya.

Di level kabupaten/kota, lanjutnya, persyaratannya jauh lebih berat. Sebab, ada item jumlah keanggotaan yang juga dicek.

Sebagaimana ketentuan UU, partai wajib memiliki 1.000 anggota atau 1/1.000 dari jumlah penduduk di kabupaten/kota setempat. Kalaupun masih ada yang kurang, Arief menuturkan bahwa partai masih berkesempatan melakukan perbaikan. Proses perbaikan dilakukan sebelum partai ditetapkan lolos atau tidak sebagai peserta Pemilu 2019 pada 17 Februari tahun depan.

Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) bersyukur atas hasil verifikasi faktual oleh KPU untuk tingkat pusat. Bos perusahaan media itu juga optimistis tahapan serupa di provinsi maupun kabupaten/kota bisa berjalan lancar. ’’Kami sudah mendapat rekap dari daerah, tapi belum selesai. Sejauh ini semua lancar,’’ jelasnya.

HT menegaskan, proses membangun Perindo tidak dilakukan mendadak, tetapi dipersiapkan sejak beberapa tahun lalu. Dengan demikian, struktur yang dibangun hingga ke bawah memang benar-benar nyata.

Pernyataan senada disampaikan Ketua Umum PSI Grace Natalie. Dia optimistis upaya yang dipersiapkan selama bertahun-tahun dapat membawa PSI lolos sebagai peserta. ’’Kami siap diverifikasi faktual di seluruh daerah,’’ tandasnya.(far/c14/fat)

Komentar Anda

Baca Juga