Beranda Ekonomi

Kepemimpinan Efektif untuk Sukses Bisnis Anda

Delapan urusan penting menyangkut sales dan marketing dalam tulisan pekan lalu apakah sudah Anda terapkan dalam kegiatan usaha? Berupaya meningkatkan kompetensi diri dan tim bagi sebagian golongan memang tidak nyaman. Sebaliknya, bagi yang imannya kuat, insya-allah, melaksanakan perbaikan diri dan tim setiap hari sudah menjadi kebutuhan.

Langkah lanjut pengembangan usaha selain peningkatan kinerja di bidang sales dan marketing adalah memperkuat leadership dan team building.

Mengingat sebagian orang masih belum dapat membedakan antara leadership dan management, kita simak dulu apa beda antara keduanya.

Management adalah upaya dan aktivitas untuk memastikan semua proses perhitungan inventori, produksi, pengemasan/penyajian, promosi, penjualan, dan pelayanan pelanggan, serta laporan keuangan berjalan sesuai planning, prosedur, dan memuhi target-target yang mesti dicapai bersama. Manajemen digerakkan berdasarkan hirarki dan susunan organisasi, sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab masing-masing.

Leadership adalah kemampuan mengajak tim dan semua unsur pendukung (stakeholder/pemangku kepentingan) bisa berproses menjadi lebih hebat dari kondisi atau fakta hari ini. Leadership bukan, dan tidak tergantung, jabatan. Tapi merupakan kapabilitas seseorang untuk memengaruhi, termasuk memberikan pengaruh positif terhadap pimpinan/bos, jika kapabilitas tersebut dimiliki oleh anggota tim.

Seorang leader sejati diukur dari kemampuannya membawa organisasi (perusahaan) ke level yang lebih baik, memberikan kesejahteraan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Kenyataannya banyak pimpinan/bos tidak memiliki kepemimpinan. Pimpinan/bos, apalagi belum terlatih dan menduduki pos tersebut hanya karena keluarga pemegang saham, belum tentu jadi pemimpin yang baik. Ciri-cirinya mudah dikenali. Di antaranya, seseorang yang hanya bisa membentak-bentak anak buah, menyalahkan pihak lain, tapi dirinya tidak pernah dapat berbuat lebih baik dari anak buahnya, apalagi memberikan keteladanan bagaimana bersikap dan bertindak efektif.

Untuk mengembangkan usaha agar sehat dan profitable dalam jangka panjang, kita memerlukan kemampuan manajemen yang dapat diandalkan dan kepemimpinan (leadership) yang hebat/efektif.

Ini sangat terkait dengan upaya-upaya pengembangan tim atau team building. Karena kepemimpinan yang terpuji diukur berdasarkan keberhasilannya membuat tim berkembang, mampu menjadi mitra dalam meraih hasil usaha secara optimal.

Enam hal pokok leadership dan team building yang mesti selalu kita evaluasi agar bisnis sanggup berjalan tegak menempuh segala cuaca, termasuk ketika ekonomi makro sedang tersendat atau tumbuh sedikit, meliputi:

Apakah dewan direksi sudah mengembangkan dan membangun kepemimpinan yang kuat, agar manajemen dapat mengelola serta memimpin SDM dengan lebih efektif.

Apakah dewan direksi dan tim manajemen sanggup menjaga semangat dan hasrat agar semua personel, dari top manajemen sampai anggota tim terbawah, selalu bersungguh-sungguh menjalankan, menikmati dan membangun usaha demi manfaat lebih baik bagi stakeholders?

Apakah perusahaan menggunakan sistem perekrutan yang efektif serta efisien untuk membantu manajemen merekrut orang yang tepat, termotivasi, serta dapat mengikuti pertumbuhan bisnis?

Sudahkah perusahaan memiliki sistem pelatihan berkesinambungan agar SDM bekerja secara lebih efektif dan produktif, dan siap untuk dipromosikan seiring dengan berkembangnya perusahaan? (Untuk perusahaan-perusahaan yang baru tumbuh, pelatihan peningkatan kompetensi SDM dapat dengan cara mengirim ke lembaga-lembaga pelatihan atau mengundang coach untuk membangun dan mengembangkan tim).

Bagaimana tim dapat memberikan pelayanan konsumen tingkat tinggi dan menghasilkan pelanggan-pelanggan antusias untuk melakukan pembelian ulang?
Dapatkah dewan direksi, tim manajemen, dan para pelaksana di lapangan menggunakan waktu secara lebih baik, berhenti bekerja secara reaktif, dan mulai bekerja secara proaktif?

Cara Anda menggunakan waktu merupakan indikasi paling gamblang untuk memerlihatkan siapa Anda, apa yang paling Anda utamakan.
Ingat kan, waktu tidak dapat ditabung, dan setiap momen adalah pemberian Allah SWT yang sangat berharga.(www.nextstageconsulting.co.id, untuk konsultasi silakan kontak 085280538449).

Baca Juga