Beranda Politik

KPU Mulai Verifikasi Faktual

BERBAGI

JAKARTA–Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mendatangi kantor Dewan Pengurus Pusat Partai Politik, hari ini (20/12).

Tapi, tak hanya bersilaturahmi, KPU juga dijadwalkan melakukan verifikasi faktual terhadap partai yang lolos penelitian administrasi.

Sebetulnya ada 12 partai gelombang pertama yang melaju ke tahap verifikasi faktual. Hanya, sepuluh di antaranya merupakan partai politik peserta Pemilu 2014 yang tidak dikenai kewajiban verifikasi faktual, kecuali di daerah otonomi baru.

Sepuluh partai tersebut adalah PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP, PKB, PAN, PKS, Partai NasDem, Partai Hanura, dan Partai Demokrat.

”Jadi, Perindo dan PSI (Partai Solidaritas Indonesia) saja,” kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di kawasan Kuningan, Jakarta, kemarin (19/12).
Pram menjelaskan, untuk tingkat DPP, ada sejumlah item yang akan diverifikasi.

Mulai dokumen keabsahan kantor, keberadaan pengurus, jumlah keterwakilan perempuan di pengurus, hingga administrasi lainnya. Itu tidak seperti di tingkat kabupaten/kota yang harus verifikasi anggota.

”Paling sekitar satu jam selesai. Yang lama itu di kabupaten/kota, karena keanggotaannya harus teliti,” imbuhnya. Rencananya, pimpinan KPU langsung yang akan melakukan penelitian di tingkat pusat.

Ketua KPU Arief Budiman menambahkan, saat ini proses serupa dilakukan jajarannya di daerah. Baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. ”Mereka gerak sendiri-sendiri,” ungkapnya. Sejauh ini, praktis belum ada kendala berarti yang dilaporkan jajarannya di lapangan.(far/c17/fat)

Komentar Anda

Baca Juga