25 radar bogor

Tampilkan Aneka Budaya Nusantara

CINTA BUDAYA: Salah satu peserta pagelaran Harsa Kama Wisata unjuk kebolehan, kemarin (12/12).
CINTA BUDAYA: Salah satu peserta pagelaran Harsa Kama Wisata unjuk kebolehan, kemarin (12/12).

BOGOR–Kota Bogor kaya dengan budaya nusantara. Warisan budaya leluhur ini memberikan torehan indah bagi kehidupan warga Kota Hujan. Hal inilah yang kemudian ingin dijaga mahasiswa Ekowisata Angkatan 53 Diploma IPB, dengan menggelar Pagelaran Budaya ”Harsa Kama Wisata’’ di GOR Pajajaran, kemarin (12/12).

Ketua panitia Mutia menjelaskan, event ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah Program Manajemen dan Event Wisata. Mereka sengaja mengemas Pagelaran Harsa Kama Wisata dengan berbagai kegiatan, yaitu seminar kesehatan, budaya, permainan, dan kuliner nusantara.

“Kami melihat budaya dan permainan nusantara sudah mulai pudar. Generasi muda sekarang justru lebih mengenal budaya lain daripada budaya lokal. Ini sungguh memprihatinkan,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Berangkat dari itu, mereka pun mulai memikirkan membuat suatu event kekinian yang bisa mengangkat berbagai potensi yang ada di nusantara. Baik itu melalui budaya, permainan tradisional, maupun kuliner nusantara. “Makanya, di sini kami tampilkan dan kenalkan kepada peserta, bahwa ini loh kebudayaan lokal kita yang tak kalah menarik dengan budaya luar,” ucapnya.

Selain budaya nusantara, pihaknya pun mengadakan seminar kesehatan untuk anak muda. Sebab, tak jarang mereka sangat tak peka dengan kesehatan sendiri. Padahal, masalah kesehatan tidak memandang umur. “Banyak anak muda sekarang yang sudah terkena banyak penyakit membahayakan, tidak lagi orang tua,” tegas Mutia.

Ia berharap, event Harsa Kama Wisata ini bisa menam­bah wawasan mahasiswa Ekowisata sendiri dan masya­rakat Bogor. (ran/c)