25 radar bogor

Tambah Anggaran Rehab Rutilahu

Doni/Radar Bogor RENOVASI: Anggaran untuk perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) di Desa Pancawati ditambah.

RENOVASI: Anggaran untuk perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu) di Desa Pancawati ditambah. (Doni/Radar Bogor)

CARINGIN–Desa Pancawati terus menggeber perbai­kan ru­mah tidak layak huni (rutilahu) tahap II. Dengan pe­namba­han dana, 50 unit ba­ngunan pun mendapat per­baikan atap, lantai, dan dinding atau disebut aladin.

Berbeda dengan wilayah lain yang memotong dana rutilahu,
Pemerintah Desa Pancawati justru menambah anggaran. Yakni sesuai dengan standar aladin sebesar Rp10 juta per unit pada November.

”Renovasi sudah 80 persen rampung. Untuk perbaikan sendiri kami menggalang secara swadaya bersama masyarakat saling membantu, sehingga tidak ada pengurangan dana,” ujar Kepala Desa Pancawati Iqbal Jayadi kepada Radar Bogor.

Ia mengatakan, 2018 menda­tang, lebih dari 300 unit rutilahu perlu direnovasi. Pendataan yang dilakukan desa saat ini sudah mencapai 270 unit.
”Jumlah itu akan ditambah dengan pendataan terakhir yang diajukan tahun depan,” jelasnya.

Untuk menghindari tidak terealisasinya perbaikan, pe­ngerjaan renovasi diserahkan kepada tim pelaksana kegia­tan (TPK) program rutilahu Desa Pancawati.

”Dengan tidak memberikan uang tunai, tetapi bahan material dalam tiga tahap. Hal itu dilakukan untuk menghindari biaya operasional kerja,” tukasnya.(don/c)