25 radar bogor

Satgas Pangan Pelototi Pedagang Nakal

SIDAK: Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya bersama Disperindag Kota Bogor berdialog dengan pedagang Pasar Bogor, kemarin (12/12).Meldrick/Radar Bogor
SIDAK: Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya bersama Disperindag Kota Bogor berdialog dengan pedagang Pasar Bogor, kemarin (12/12).Meldrick/Radar Bogor

BOGOR–Tim Satgas Pangan Polresta Bogor Kota melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Bogor kemarin (12/12). Sidak tersebut sebagai upaya pengendalian harga dan antisipasi adanya lonjakan harga sembako menjelang Natal dan tahun baru.

Turut dalam kegiatan itu Dinas Perindus­trian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor. ”Pemantauan ini mengantisipasi adanya lonjakan harga sembako menjelang Natal dan tahun baru,” ujar Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya.

Dari pemantauannya, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Bogor belum mengalami kenaikan signifikan. Ulung menyatakan akan mengum­pulkan keterangan dan melakukan penyelidikan untuk mencegah kecurangan. ”Kami akan koordinasi dengan Dinas Perdagangan supaya harga stabil,” terang dia.

Dia menjelaskan, sidak harga pasar ini untuk mendeteksi dan mencegah adanya penimbunan bahan pangan yang dilakukan para spekulan menjelang akhir tahun. Bila ditemukan spekulan yang menimbun barang dengan tujuan mencari keuntungan, pihaknya tak segan-segan melakukan tindakan. ”Selama Desember terus kami pantau.

Hasil evaluasi akan disampaikan pada pemkot untuk kebijakan lebih lanjut,” tegasnya.

Kepala Disperindag Kota Bogor, Achsin Prasetyo menambahkan, sidak dilakukan agar harga pangan menjelang pergantian tahun 2018 tetap stabil. Timnya, kata dia, tidak hanya memonitoring bahan pokok.

Tetapi juga mengecek makanan yang mengandung bahan pengawet di dalamnya. ”Saat ini persediaan bahan pokok di Pasar Bogor masih relatif aman. Namun, kami mensinyalir adanya bahan berbahaya yang dipakai para pedagang,” pungkasnya.(cr2/c)