25 radar bogor

Selarong Punya Area Penyelamat

Romadhoni Radar Bogor AREA PENYELAMAT: Pembangunan jalur penyelamat di turunan Selarong, Desa Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, sudah berjalan 50 persen.

AREA PENYELAMAT: Pembangunan jalur penyelamat di turunan Selarong, Desa Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, sudah berjalan 50 persen. (Romadhoni/Radar Bogor)

MEGAMENDUNG–Pemerintah melalui Kementerian PUPR membangun jalur penyelamatan atau emergency safety area di turunan Selarong, Desa Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung.

“Pembangunan jalur penyelamat ini dilakukan melalui rapat panjang antara kepolisian, perhubungan, dan PUPR,” ujar Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama kepada Radar Bogor, kemarin (11/12).

Hasby menjelaskan, fungsi area penyelamat itu untuk memberikan fasilitas kepada truk dan bus yang mengalami rem blong. Dengan begitu, pengemudi mengetahui di mana titik terjadinya penyelamatan itu ada.

Berdasarkan hasil analisis kajian, jalan Puncak memiliki kontur yang menanjak dan menurun. Kondisi jalan yang lembap juga membuat kendaraan yang melintas lebih banyak melakukan pengereman.

“Pada saat turunan panjang, dibuatlah jalur penyelamat. Jadi, bila terjadi rem blong, jalur itulah yang akan menyelamatkan banyak orang,” jelas Hasby.

Kendati demikian, tambahnya, pengadaan area keselamatan itu masih perlu ditunjang sarana lain. Di antaranya , penambahan rambu lalu lintas seperti lampu hati-hati dan papan petunjuk.

“Sarana-sarana itu lebih diperbanyak lagi, sehingga nantinya bisa digunakan secara maksimal,” pungkasnya. (don/c)