Beranda Berita Utama

Tikus di Gedung Putih

MERASA (tidak sengaja) memelihara tikus dan kecoak di rumah? Tenang, Anda tidak sendirian. Hewan-hewan rumahan itu bahkan hadir di bangunan dengan metode maintenance supertinggi, yang ditinggali salah seorang perempuan paling stylish sedunia. Yakni, Gedung Putih.

Ya, gedung tersebut menjadi rumah beberapa keluarga tikus. Me­nurut mantan Kepala GSA Ins­pektur Jenderal Brian Miller, pe­nyebabnya adalah usia bangu­nan Gedung Putih yang sudah sa­ngat tua. Rumah yang hala­mannya selalu bikin iri perdana menteri Inggris itu dibangun pada 1792 dan dihuni sejak 1800. Lebih dari 200 tahun silam!

”Siapa pun tahu, rumah lama butuh banyak perawatan dengan biaya nggak sedikit,” ungkap Miller sebagaimana dikutip Huffington Post. Tahun ini saja, ada empat laporan serangan serangga di Gedung Putih. Mulai kecoak hingga semut.

Mantan Kepala Bidang Pers Sean Spicer bahkan pernah memergoki tikus di ruangannya. ”Saat brankas disingkirkan, aku menemui sobat kecil. Aku ingin ia mendapat meja kecil berukuran 3–4 kaki,” sindirnya kala itu.

Ternyata, hama tersebut men­diami bangunan itu sejak ber­dekade-dekade lalu. Dalam catatan Presiden Jimmy Carter pada 1977, dia menyatakan tikus-tikus Gedung Putih cukup rajin ber­kembang biak. ”Dua atau tiga bulan sekali, aku minta tikus itu diberantas,” tulisnya. Ternyata men­ding pre­siden kita, ya. Kam­bing peliha­raan­nya tidak bikin sebel. Meme-able pula. (fam/c10/na)

Baca Juga