25 radar bogor

Kota Bogor Boyong Tiga Penghargaan di IRSA 2017  

PRESTASI: Kota Bogor terpilih sebagai kota terbaik kategori kota dengan kepadatan penduduk tinggi pada Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2017.
PRESTASI: Kota Bogor terpilih sebagai kota terbaik kategori kota dengan kepadatan penduduk tinggi pada Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2017.

BOGOR–Aspek keselamatan lalu lintas di Kota Hujan menuai apresiasi dari pemerintah pusat. Salah satunya dibuktikan dengan kembali diraihnya penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2017. Kota Bogor terpilih sebagai finalis salah satu kota terbaik kategori kota dengan kepadatan penduduk tinggi.

Tak hanya itu, Kota Bogor juga memboyong tiga penghargaan sekaligus, sebagai pemenang penghargaan per pilar road safety. Yakni, kategori pilar dua, jalan yang berkese­lamatan (safer road); pilar tiga, kendaraan yang berkesela­matan (safer vehicle); serta penghargaan khusus terbaik kota pada upaya meningkatkan kualitas sarana pejalan kaki yang berkeselamatan.

Pengharagaan kali ketiga itu, diserahkan langsung Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Permadi Soemantri Brodjo­negoro, di Ballroom Menara Mandiri, Assembly Hall, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, kemarin (7/12).

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, pihaknya akan terus memperbaiki sarana publik, salah satunya membangun akses bagi pejalan kaki (pedestrian) secara bertahap. “Tahap pertama sudah dibangun di seputaran Kebun Raya Bogor. Kota Bogor mendapatkan penghargaan dalam penilaian penambahan fasilitas bagi para pejalan kaki,” kata Bima seusai menerima penghargaan.

Tahun depan, kata Bima, Pemkot Bogor sudah mengang­garkan untuk melanjutkan pembangunan fasilitas pejalan kaki ke beberapa wilayah, seperti ke Jalan Suryakancana dan Jalan Jenderal Sudirman.

Ajang IRSA merupakan wujud apresiasi kepada kota/kabu­paten terbaik dalam hal pene­ra­pan tata kelola keselamatan jalan. Juga, rangkaian dari program CSR Adira Insurance yang bertajuk I Wanna Get Home Safely!.

Kampanye itu bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan di Indonesia serta terus berupaya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus peduli terhadap keselamatan jalan.

Secara spesifik, program IRSA adalah pemberian penghargaan kepada kabupaten/kota terbaik dalam hal penerapan program-program keselamatan jalan. Semangat dari program ini adalah untuk mendukung pemerintah kabupaten/kota agar terus bekerja keras mene­rap­kan pilar-pilar keselamatan jalan di lingkungan pemerinta­hannya, sehingga tercipta keselamatan lalu lintas.

Tercatat ada 120 peserta dari kota/kabupaten, dan akhirnya terpilih 23 kota/ka­bu­paten terbaik dari seluruh Indonesia yang berhasil masuk ke tahap final.

Acara IRSA 2017 turut dihadiri Direktur Pengembangan Jari­ngan Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Peruma­han Rakyat (Kemen­pupera) Rachman Arif, Dirjen Perhubu­ngan Darat Kemenhub Irjen Pol Budi Setiyadi, Direktur Utama Adira Insurance Julian Noor,  perwakilan Korps Lalu Lintas Polri, perwakilan Kementerian Kesehatan serta para bupati dan wali kota finalis IRSA 2017.(wil/*)