25 radar bogor

Tak Rasakan Kontribusi Petahana

SEMANGAT: Ketua DPC Gerindra Kota Bogor Sopian Ali Agam diangkat para pendukungnya usai deklarasi, kemarin MELDRIK/ RADAR BOGOR
SEMANGAT: Ketua DPC Gerindra Kota Bogor Sopian Ali Agam diangkat para pendukungnya usai deklarasi, kemarin MELDRIK/ RADAR BOGOR

BOGOR-Sejumlah figur yang bakal maju di Pilwalkot Bogor 2018, mulai menyatakan sikap. Kini, giliran Ketua DPC Gerindra Kota Bogor Sopian Ali Agam yang mendeklarasikan diri.

Sikap politik tersebut dilakukan wakil ketua DPRD Kota Bogor itu di Lapangan Merah, Bukti Cimanggu City. ”Deklarasi ini ikhtiar Gerindra, sekaligus menjawab hasil rapimcab dan pertanyaan kader,” ujar Sopian kepada Radar Bogor saat deklarasi, kemarin (05/12).

Selain menunggu surat rekomendasi (SK), ia juga tengah mencari mitra koalisi untuk dapat mengusung pasangan calon di Pilwalkot Bogor 2018. “Gerindra hanya memiliki enam kursi. Karenanya, kami ingin berkomunikasi dengan seluruh partai seperti PKS, Golkar, Hanura, PAN, hingga PDI Perjuangan,” ujarnya.

Ia menyebut, untuk membangun Kota Bogor yang lebih baik diperlukan banyak partai. Ia juga sudah matang mempertimbangkan segala risiko jika dirinya maju, termasuk mundur menjadi anggota DPRD Kota Bogor.

”Saya sebut ini bagian dari perjuangan partai. Prabowo (Ketum Gerindra) sudah memerintahkan untuk maju merebut pemerintahan di eksekutif,” terangnya. Untuk figur dan mitra koalisi, ia menargetkan bakal rampung pertengahan Desember ini.

”DPP segera mengumumkan pastinya. Saya melihat koalisi di Provinsi Jawa Barat yang masih cair, tetapi saya pastikan Gerindra-PKS masih berhubungan baik,” tuturnya.

Meski sudah mendapat lampu hijau maju di Pilwalkot Bogor, ia tidak mau jemawa. Sebab, masih ada proses penjaringan yang dilakukan Badan Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Bappda) Gerindra Kota Bogor.

Sementara itu, dukungan terhadapnya untuk maju pun makin kencang dari tingkat bawah. Ketua PAC Gerindra Bogor Barat Endang Supriatna Saputra bahkan menegaskan, sudah satu suara mengusung Sopian sebagai calon wali Kota Bogor 2018-2023.

”Kinerjanya sangat baik. Awal menjabat ketua partai saja, programnya terarah dan tepat sasaran, mulai dari paradoks Indonesia hingga revolusi putih,” ujarnya. Ketua PAC Bogor Tengah Hengky berharap, bakal calon yang maju dari internal partai.

”Pelajaran di Pilwalkot 2013, petahana (Bima Arya) yang diusung Gerindra tidak berkontribusi langsung. Ini pembelajaran. Makanya, kami sepakat sudahi saja dan ketua (Sopian, red) maju,” tuturnya.

Terpisah, Ketua PAC Bogor Utara Arif juga merasakan kemajuan partai saat dikendalikan Sopian. ”Ada ambulans, fogging yang kini sudah dirasakan 90 RW se-kota Bogor. Kami semua dukung Sopian,” ujarnya.

Dalam kegiatan deklarasi tersebut, tampak sejumlah ketua partai politik seperti Ketua DPD PAN Kota Bogor Safrudin Bima, Ketua DPD PKS Kota Bogor Atang Trisnanto, dan Wakil Ketua DPC Demokrat Laode Ndou, hingga Sekretaris Gol kar Hery Cahyono.(ded/c)